Mabesad Distribusi Apd Ke Seluruh Rumah Sakit Tentara

Balikpapan | suaranasionalnews.co.id  Seiring pengiriman APD dari gugus tugas pusat penanganan penyebaran covid 19 malam tadi yang telah menerima 2000 APD untuk rumah sakit di wilayah Kaltim, Kalsel dan Kaltara. Kodam VI/Mulawarman menerima bantuan APD tambahan untuk penanganan pandemic penyebaran virus Corona atau Covid 19 dari Aslog Kasad. Bantuan APD (alat pelindung diri) ini diberikan kepada Rumkit milik TNI AD RST Hardjanto di Balikpapan dan RST Soerharsono di Banjarmasin, Jumat (27/3/2020).

Bantuan ini merupakan bantuan gelombang pertama yang di distribusikan oleh Mabesad, yang diperuntukan bagi tenaga medis di rumah sakit TNI AD yang merupakan salah satu rumah sakit rujukan yang ditunjuk pemerintah untuk membantu penanganan pasien yang positif covid 19. Sesuai rencana TNI AD akan terus berusaha menambah bantuan APD ini ke seluruh jajaran RS milik TNI AD sesuai tingkat urgensinya di masing-masing wilayah.

Beberapa APD yang diterima Kodam VI/Mlw berupa pakaian APD, Googles, Masker Surgical, Masker N 95 termasuk didalamnya 140 set Rapid Test Covid-19.

Kakesdam VI/Mulawarman Kolonel Ckm dr Puguh menyampaikan bahwa bantuan diterima langsung oleh Kesdam VI/Mlw akan di gunakan untuk penanganan pasien covid-19 di Rumah Sakit Tentara di jajaran Kodam VI/Mulawarman dengan sistem pendistribusian berdasarakan tingkat penanganan pasien penderita virus covid 19.

Ditambahkan, untuk bantuan APD diharapkan bisa menambah APD dari satuan gugus pusat yang sudah dimiliki rumah sakit tersebut.

Menurut Kapendam Kolonel Kav Dino Martino, para tenaga medis yang terlibat penanganan pasien covid-19 di rumah sakit daerah menjadi garda terdepan yang menangani masalah tersebut, harus mendapat perlindungan optimal dengan adanya alat pelindung diri yang telah dikirim baik oleh gugus tugas pusat penanganan virus covid 19 maupun oleh Mabesad.

Kapendam berpesan kepada seluruh masyarakat agar tenang dan jangan panik dengan merebaknya virus covid-19. Patuhi dan taati himbauan pemerintah untuk tetap tinggal di rumah, rajin mencuci tangan pakai sabun, gunakan masker bila di tempat umun dan disiplin melakukan social distancing guna memutus penyebaran virus corona tersebut.

Pendam VI/Mulawarman