Koptu Adi Muklas Beri Pelatihan Dasar PBB Kelas V dan VI di SDN Impres 1 Bluto

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idGuna membentuk sikap, kedisplinan, kekompakan, loyalitas dan kepedulian, serta rasa tanggung jawab sejak dini, Babinsa Koramil 0827/04 Bluto Koptu Adi Muklas memberikan pelatihan dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB), di SDN Inpres l Bluto bagi siswa kelas V dan kelas VI, di Lapangan Bluto Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Madura, Jawa Timur, Sabtu (21/11/2020).

Pelatihan PBB kepada siswa-siswi SD ini merupakan wujud pembinaan fisik, guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya sikap dan perilaku seseorang agar memiliki disiplin yang tinggi.

Kegiatan ini merupakan langkah awal dalam mengenalkan kedisplinan dan menanamkan Nilai-nilai bela Negara sejak dini kepada siswa-siswi SD Inpres l Bluto.

Menurut Babinsa Koptu Adi Muklas, tujuan pelatihan PBB ini agar para murid dapat mengerti dan memahami pelatihan PBB, sehingga nantinya dapat menerapkannya di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal masing-masing. PBB juga memiliki manfaat yang sangat berguna bagi anak-anak sekolah yaitu melatih daya konsentrasi, mendorong belajar tentang solidaritas tim, belajar mendengar dan patuh serta belajar untuk diam dan mengatur emosi.

“Koptu Adi Muklas menyampekan, sebelum masuk dalam materi praktek PBB, saya terlebih dulu memberikan teori secara singkat pengertian dan tujuan pelaksanaan PBB ini. Adapun maksud pemberian materi Peraturan Baris Berbaris pada siswa-siswi SDN Inpres Talawid adalah memberikan suatu latihan awal dalam membela negara, menanamkan rasa disiplin pada siswa, menumbuhkan rasa kebersamaan diantara teman,” ucapnya.

“Ia juga menjelaskan, sangat penting untuk menanamkan disiplin sejak dini, agar generasi penerus bangsa memiliki pribadi yang bagus dan berakhlak, sehingga dapat membanggakan diri sendiri, orang tua, bangsa dan negara,” terang Kuptu Adi Muklas. (Pendim 0827/Sumenep)