Komsos Babinsa Koramil 0827/16 Gapura di Balai Desa Mandala

SUMENEP – Anggota Babinsa jajaran Kodim 0827 Sumenep dalam melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial khususnya dalam berkomunikasi dengan perangkat desa agar dapat menyampaikan segala informasi yang berkembang di masyarakat mengingat kondisi sekarang sangatlah rawan terhadap cuaca ekstrim sehingga warga dapat mengantisipasi.

Melakukan Komsos dan anjangsana atau silaturahmi kepada warga di wilayah binaan adalah salah satu kegiatan Babinsa yang merupakan ujung tombak dari satuan teritorial yang bertujuan menciptakan keakraban dan kekompakan antara Babinsa dengan warga bianaannya sehingga kehadirannya selalu diterima dan didambakan warganya.

Seperti halnya yang dilakukan Babinsa Koramil 0827/16 Gapura Sertu Erwin S melaksanakan Komsos dengan Bapak Nasaf dan Bapak Rohmad di Balai Desa Mandala Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep. Kamis (9-1-2020).

Babinsa Sertu Erwin S berperan aktif dalam bidang komunikasi sosial baik dengan masyarakat, atapun dengan perangkat desa dalam rangka pembinaan desa sebagai mitra karib Babinsa, mengingat tempat tinggal Babinsa jauh dari desa binaannya sehingga perlu adanya jaring dalam rangka memberikan informasi dan situasi yang ada di wilayah desa binaan.

Sertu Erwin S yang sehari-hari ditugaskan sebagai Babinsa Desa Mandala hari ini melakukan komsos anjangsana bersama perangkat Desa Mandala.

“Hampir setiap hari saya mengadakan komunikasi sosial dan anjangsana dengan warga binaan saya, dan kegiatan ini sudah terjadwal dalam tugas saya sehari-hari,” ujar Sertu Erwin S.

Dengan sering hadirnya Babinsa ditengah-tengah masyarakat dalam berbagai kegiatan di wilayahnya diharapkan bisa lebih terjalin kedekatan antar keduanya sehingga terus tercipta kemanunggalan antara TNI bersama rakyat.

Danramil 0827/16 Gapura Kapten Arm Muasari menyampiakan, Harapannya saya selaku Danramil adalah dengan kehadiran Babinsa ke Balai Desa merupakan salah satu wujud pembinaan dengan metode komunikasi sosial (Komsos).

“Bersama Komponen Masyarakat untuk membantu tugas-tugas Babinsa dalam rangka mendukung tugas pokok, sebagai Bapulket sehingga dapat diperoleh informasi-informasi yang akurat dan bisa dicegah apabila ada kejadian di wilayah binaannya,” tutur Kapten Arm Muasari.

“Melalui media anjangsana tersebut merupakan suatu kegiatan komunikasi sosial guna terjalinya hubungan emosional baik dengan individu maupun dengan suatu instansi pemerintahan yang ada diwilayahnya,” pungkas Kapten Arm Muasari. (Pen0827)