Kodim 0827 Sumenep Gelar Pembinaan Pemetaan Jarak Jaring Teritorial

Sumenep – Kodim 0827/Sumenep menggelar pembinaan peta jarak jaring teritorial di aula Makodim, Jl Kesatriaan no 1 Pajagalan Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep, Kamis (5/3/20).

Kegiatan tersebut mengangkat tema mengoptimalkan Deteksi dini cegah dini, temu cepat lapor cepat bagi Apkowil melalui pembinaan peta jarak teritorial.

Hal itu guna mewujutkan stabilitas keamanan serta ketahanan wilayah negara kesatuan Republik Indonesia.

Dalam sambutannya Kasdim 0827 Sumenep Mayor Inf R Hendro prapto M mengatakan program kerja Kodim ini mengajak kerja sama masyarakat untuk menjaga keamanan NKRI tetap utuh.

“Karena budaya Indonesia banyak termasuk budaya kita yang ada di Kabupaten Sumenep,” ungkap Kasdim.

“Mari kita kerja sama biar budaya beda tapi tetap kita bersatu sama yang lain apabila ada kejadian di wilayah harus kerja sama dengan Babinsa supaya wilayah atau daerah binaaan aman,” pungkasnya.

Sementara Pasintel Kodim 0827/ Sumenep Kapten Inf Abidin dalam materinya menerangkan bahwa Indonesia merupakan Negara yang terdiri dari beribu-ribu pulau, beragam suku, dan agama. dengan latar belakang beberapa perbedaan tersebut,  Indonesia memiliki ancaman dari dalam maupun luar dalam negeri.

Dicontohkan,  ancaman dari dalam negeri, misalnya soal  radikal kanan, radikal kiri dan sparatis. Masyarakat sekarang mudah emosi dan kehilangan akal sehat. Tugas pokok Kodim  adalah dengan  mengoptimalkan peran aktif aparat dan potensi masyarakat untuk melakukan deteksi dini dan cegah dini.

“Jadi perlu diwaspadai bagi warga masyarakat apabila ada orang tidak dikenal kemudian mencurigakan segera lapor kepada aparat yang berwenang sebagai antisipasi dan mencegah munculnya paham radikalisme,” pungkasnya. (Pendim 0827)