KH. Abuya Busyro Karim, Banyak Beri Kemajuan dan Layak Namanya Untuk di Abadikan

Sumenep, Jatim| suaranasionalnews.co.id Mencuat ide dari para loyalis KH. Abuya Busyro Karim, M.Si, asal Sumenep kepulauan, terutamanya warga/tokoh masyarakat Pulau Kangean, untuk mengabadikan nama Bupati Sumenep dua periode tersebut pada Rumah Sakit Umum Arjasa, yang sebentar lagi akan selesai masa pembangunannya.

Dikatakan oleh Muchtar Rafik, salah satu tokoh masyarakat Sumenep Kepulauan pada media ini, banyak kemajuan sarana infrastruktur yang didapatkan oleh warga kepulauan dalam pemerintahan Bupati A. Busyro Karim. Sehingga layak untuk diapresiasi, namanya pantas untuk diabadikan pada salah satu hasil prakarsa pembangunan.

Salah satunya adalah Rumah Sakit Umum Arjasa, yang berlokasi di Desa Pabian, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Sumenep, menurutnya keberadaan fasilitas kesehatan tersebut sangatlah vital dan memang ditunggu-tunggu oleh masyarakat setempat.

“Pembangunan rumah sakit tersebut sangatlah tepat, masyarakat kepulauan memang sangat membutuhkan fasilitas kesehatan,” pungkas Rafik, yang juga biasa dipanggil Itang.

Sebagai bentuk teladan serta rasa terima kasih warga, pihaknya juga menyarankan pada pemerintah Sumenep agar selanjutnya rumah sakit umum tersebut dinamai sesuai dengan nama Bupati Sumenep saat ini, yaitu RSU KH. Abuya Busyro Karim.

“Banyak warga sepakat, RSU tersebut nantinya diberi nama KH. Abuya Busyro Karim MSI., selain telah banyak memberikan kemajuan pada warga kepulauan, beliau juga merupakan seorang ulama besar, pendiri Pondok Pesantren Al-Karimiyah Desa Braji, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep,” tambahnya.

Diharapkan pula olehnya, dengan adanya Rumah Sakit Umum Arjasa, kebutuhan masyarakat kepulauan akan fasilitas kesehatan bisa tercover semuanya. Tidak seperti saat ini, untuk kondisi tertentu masih harus dirujuk ke rumah sakit umum yang ada di Sumenep daratan.

“Bagaimanapun juga, RSU yang ada di Arjasa nantinya akan jadi fasilitas unggulan bagi masyarakat setempat, jadi sangat kita harapkan di rumah sakit umum tersebut nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas yang cukup dan tenaga dokter yang berkualitas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya dikepulauan,” tutup Itang. (And, Tiem)