Kenapa Babinsa Kodim 0827 Sumenep adakan Sholat Tahajud bareng warga, ini alasannya

Sumenep – Sholat Tahajud adalah ibadah sunnah yang sangat istimewa dimana perintah untuk menjalankannya langsung disebutkan dalam kitab suci Al-Qur’an, begitu besar manfaat dan keampuhan sholat tahajud serta berdampak positif dalam kehidupan beragama, bermasyarakat dan bernegara secara dunia akherat.

Dalam kehidupan dunia militer sebagai Tentara Nasional Indonesia yang bertugas sesuai undang-undang yang telah ditetapkan dimana secara bulat sebagai benteng pertahanan negara garda terdepan untuk menghadapi ancaman dari manapun yang dapat mengrongrong kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam tugas-tugasnya khususnya dalam bidang pertahanan sangat kopleks tindakan tang diambil.

Dalam lingkup besar maupun lingkup kecil dan ada jangka panjang serta jangka pendek, mulai dari pembenahan sumber daya personelnya, peralatan perang, penbinaan satuan-satuan tenpur dan kewilayahan di seluruh nusantara dan lainnya.

Kembali dalam kontek satuan kewilayahan yaitu salah satunya di Kodim 0827 Sumenep, Kimando Distrik Militer dibawah Korem 084/Bhaskara Jaya pimpinan Danrem Kolonel Inf Sudaryanto, merupakan wilayah Kodam V/Brawijaya pimpinan Panglima Kodam Mayor Jendral TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi.

Keberadaan Kodim dan Koramil diwilayah tidak bisa dipandang remeh dan sebelah mata, karena pertahanan negara harus dilaksanakan secara keseluruhan dengan kontinue hingga seluruh pelosok nusantara Indonesia tercinta.

Ingat Pertahanan Negara bukan hanya milik atau ranahnya TNI namun harus dilakukan oleh seluruh aspek dan lapisan hingga sampai kepada rakyat Indonesia secara langsung.

Team penerangan Kodim 0827 Sumenep sengaja menulis melalui media ini semata-mata salah satunya untuk membina pertahana negara yang harus dilaksanakan kita semua sebagai warga negara Indonesia.

Bintara Pembina Desa yang terkenal dengan sebutan Babinsa merupakan ujung tombak prajurit TNI AD yang langsung bersinggungan dengan rakyat hingga elemen-elemen terkecil yang ada di desa atau wilayah binaannya.

Semu yang dilakukan Babinsa di desa binaannya merupakan pembinaan, sekaligus pembentukan pertahanan nasional yang tangguh dan kokoh dengan pembinaan teritorial menuju TNI manunggal dengan rakyat, karena TNI bersama rakyat persatuan bangsa akan kokoh dan pertahanan negarapun akan tetap terjaga.

Sholat tahajud salah satu yang dilakukan Babinsa Koramil 0827/06 Saronggi di Masjid Jami’ Al – Islah Jln. Raya Saronggi Ds. Tanah Merah Kec. Saronggi Kab. Sumenep, Madura – Jatim. Jum’at, 11/10.

Sholat tahajud juga dilakukan secara rutin diseluruh Koramil jajaran Kodim 0827 Sumenep dalam mengajak sholat tahajud para warganya disetiap jum’at dimulai pukul 03.00 WIB waktu sepertiga malam hingga sholat subuh berjamaah di masjid – masjid desa binaannya.

Letkol Inf Ato Sudiatna Dandim 0827 Sumenep mengatakan, sholat tahajud yang digalakan para Babinsa adalah sarana pendekatan kepada Allah SWT secara khusus serta menjalin silaturahmi dan persatuan dengan warga atau jama’ah.

“Pembinaan pertahanan negara sangat banyak cara pelaksanaanya, melalui do’a yang merupakan keampuhan bagi semua insan manusia hamba Tuhan mulai harapan dan keinginan pribadi dan bangsa dalam agama apa pun”, ungkapnya.

Menurutnya juga, sholat tahajud merupakan ibadah sunah yang sangat disukai Allah SWT, dimana Nabi Muhammad SWT tidak pernah meninggalkannya walaupun dilaksanakan 2 rakaan, 11 rakaat ataupun tidak terbatas jumlah raka’atnya, semua sesuai kemampuan dan niat dari kita.

Lanjut penerangan Kodim 0827 Sumenep menulis, selain berdo’a secara pribadi dalam do’a tersebut juga terucap semoga Bangsa Indosesia senantiasa dalam lindungan dan bimbingan Allah SWT dan terhindar dari segala bala dan bencana.

Indonesia menjadi bangsa yang adil, makmur dan sejahtera secara menyeluruh, siapapun menjadi pimpinan di negri ini diberikan hidayah dan pemikiran perjuangan yang sebenarnya dalam mengayomi negara dan rakyat sesuai Pancasila dan cita-cita bangsa.

TNI senantiasa diberikan kemudahan dalam menjalankan tugas dengan baik dan benar serta senantiasa bermanunggal dengan rakyat untuk persatuan guna menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI. (Pendim)