Keluarga Besar Kodim Sumenep Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H

Sumenep, Jatim – Menjadi kegiatan rutin tahunan, Kodim 0827/Sumenep kembali menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H tahun 2019 M, bertempat di aula Makodim setempat, Senin (25/11/2019) berlangsung mulai pulul 08.00 WIB hingga selesai.

Dalam momentum peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW kali ini dengan mengambil tema ‘Jadikan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H / 2019 M, sebagai Implementasikan Ahklak Mulia dalam Kehidupan Sehari-hari Guna Mewujudkan Prajurit dan PNS Profesional Kebanggaan Rakyat yang dihadiri KL 150 orang.

Pastinya hadir juga, Dandim 0827/ Sumenep Letkol Inf Ato Sudiatna, Ketua Persit Cabang Kodim 0827/ Sumenep Ny Imelda Ato Sudiatna

3) Kasdim 0827/ Sumenep Mayor Inf Hendro Prapto M, Para perwira Staf dan Danramil Jajaran, Anggota jajaran Koramil 0827/ Sumenep.

Serta juga hadir, seluruh PNS, Pengurus beserta Persit Kodim 0827/ Sumenep, dan menghadirkan Pengasuh PP Matlaul Ulum Putri, Hj Siti Miladiyah Saleh untuk mengisi tausih.

Dandim 0827 / Sumenep, Letkol Inf Ato Sudiatna, dalam kesempatan itu menyampaikan, alhamdulillah Kodim Sumenep bisa melaksanakan peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW pada hari ini, meski padatnya tugas

“Peringatan Maulid Nabi Besar SAW memang rutin kita laksanakan setiap tahun. Namun, bukan pelaksanaannya yang kita harapkan tetapi hikmahnya yang kita dapatkan,” ungkapnya.

Menurut Letkol Inf Ato, peringatan maulid Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu wujud kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW.

Atas kerendahan hatinya, Letkol Inf Ato memohon permintaan maaf, kepada seluruh tamu undangan apabila dalam pelaksanaan yang diselenggarakan ada yang kurang maksimal.

“Terimakasih untuk semua yang meluangkan untuk hadir, dan semoga acara membawa keberkahan kepada kita semua,” ucapnya.

Sementara Hj Siti Miladiyah, pengasuh PP Matlaul Ulum Putri dalam tausiyahnya, memaparkan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW. Para Rosul merupakan orang yang mendapatkan hidayah langsung dari Allah SWT dan mendapat amanah untuk kebaikan umat manusia termasuk Baginda Rasulullah Nabi Muhammad SAW.

“Hidayah kita beriman kepada Allah , kita Cinta Kepada Allah dan Baginda Nabi Muhammad SAW dengan cara merawat keimanan,”

“Bentuk rasa cinta kita kepada Allah SWT dan Rasulullah Nabi Muhammad SAW dengan melakukan banyak bersholawat karena bersholawat merupakan bentuk rasa penghargaan dan kecintaan kita terhadap Allah SWT dan Rasulullah Nabi Muhammad SAW dan bersholawat juga untuk ketenangan hidup,”

Dengan begitu, pengasuh PP Matlaul Ulum Putri itu mengajak, bagaimana untuk mencintai Rasulullah Nabi Muhammad SAW dengan meneladani tingkah laku kehidupannya.

Rasulullah ini mempunyai 5 sifat yang perlu kita teladani yaitu, Khasyyah adalah salah satu dari beberapa sifat yang bisa menempatkanmu pada derajat tinggi di sisi Allah SWT. Inilah salah satu syarat yang menunjukkan kesungguhan iman seorang hamba.

Kedua, rendah diri (Khusyuk) yaitu tunduk kepada perintah Allah SWT, ketiga tidak sombong (Tawadhu) menghargai seluruh lapisan baik kaya,miskin tua dan muda.

Yang keempat, mempunyai Ahklak yang bagus (Khusnul Khuluq) Rasulullah SAW sendiri diutus untuk menyempurnakan akhlak.

“Jadi, ketakwaan kita gak hanya diukur dari banyaknya ibadah kepada Allah SWT, tapi juga bagaimana interaksi kita pada sesama (hablumminannas),” ujarnya.

“Dan yang kelima sifat Rasulullah itu, hidup gak orientasi pada dunia (Zuhud) yaitu kehidupan dunia jangan membuat lalai akhirat,” imbuhnya. (Die, Yas, Pendim)