Kapolres AKBP. Deddy S. Pimpin Langsung Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2019 Kabupaten Sumenep

Sumenep, Jatim| suaranasionalnews.co.id Berlokasi di halaman Mapolres, segenap anggota Kepolisian Resort (Polres) Sumenep, Jawa Timur, menggelar Apel Persiapan Operasi Lilin 2019 jelang perayaan Hari Natal dan Tahun Baru 2020. Kamis 19/12.

Dalam Giat gelar pasukan dan apel persiapan tersebut dihadiri oleh segenap anggota Forkopimda Sumenep atau yang mewakilinya, sejumlah instansi dinas terkait serta para Kapolsek dari Polsek jajaran se Kabupaten Sumenep.

Dalam amanat Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., yang dibacakan oleh AKBP. Deddy Supriadi SIK. MIK., Operasi Lilin 2019 dilaksanakan secara serentak oleh aparat kepolisian yang ada di seluruh Indonesia, dalam rangka menciptakan rasa aman, damai dan kondusif pada perayaan Hari Natal dan Tahun Baru nantinya.

“Secara serentak anggota Polri se Indonesia melaksanakan Operasi Lilin 2019. Untuk menjamin terciptanya rasa aman, nyaman, damai serta kondusifitas perayaan Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

Menurutnya lagi, guna memastikan kesiapsiagaan personil dan peralatan pengamanan, serta menjaga soliditas para pemangku kebijakan di Kabupaten Sumenep, dirasa sangat penting untuk dilakukan Gelar Pasukan Operasi Lilin 2019. Nantinya operasi akan dilaksanakan selama 10 hari, terhitung sejak tanggal 23 Desember 2019 sampai dengan tanggal 1 januari 2020.

“Dengan melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2019, maka akan diketahui sampai dimana kesiapan personel dalam melaksanakan operasi nantinya, serta mempererat kembali sinergitas, soliditas para pemangku jabatan di Kabupaten Sumenep,” terangnya.

Sedangkan untuk target pengamanan, pihaknya akan mengkonsentrasikan pasukan pada tempat peribadatan, salah satunya adalah gereja, pusat perbelanjaan, tempat wisata, serta tempat-tempat lainnya yang biasa dijadikan oleh warga Sumenep untuk merayakan tahun baru.

“Seperti intruksi Kapolri, kami fokuskan pengamanan pada tempat peribadatan, lokasi wisata, dan sejumlah tempat lainnya yang kami anggap perlu,” pungkas Kapolres.

Seperti tahun kemarin, Polri bersinergi dengan TNI, Satpol PP dan Dinas Kesehatan setempat bersiap siaga menjaga kondusifitas. Selain itu sejumlah Ormas, Pramuka, Damkar, Linmas serta instansi lainnya pun dilibatkan dalam kegiatan Operasi Lilin 2019.

“Kami tidak ingin ada hal apapun yang mengganggu kondusifitas Kamtibmas, oleh karenanya sengaja semua elemen kami libatkan, bersatu, bekerja sama ciptakan ketentraman dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020,” tegasnya.

Kasubbag Humas Polres Sumenep AKP Widiarti S. SH., menambahkan, guna amankan perayaan hari raya natal serta tahun baru 2020, telah disiapkan 450 personil pasukan. Diantaranya 200 dari Polres dan sisanya dari Polsek jajaran. Namun bukan itu saja, masih ada pasukan dari TNI maupun Ormas yang ikut membantu mengamankan kondusifitas di Kabupaten Sumenep.

“Ratusan personel telah siaga, baik dari Polres maupun Polsek. Selain itu ada tambahan pasukan lagi yang datang dari TNI dan sejumlah Ormas, bersinergi guna ciptakan kondusifitas di Kabupaten Sumenep,” tandas AKP. Widiarti S. SH. (Die)