Jelang Muskot PSSI Parepare, Pemerhati Harap Figur Baru Bawa Perubahan

Parepare, Sulawesi Selatan

Beragam reaksi muncul jelang Musyawarah Kota (Muskot) Asosiasi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Parepare.

Salah satunya yang memanas adalah figur calon ketua PSSI Parepare. Pemerhati sepakbola Parepare yang sudah malang melintang di dunia sepakbola Azhari Rachman angkat bicara soal figur yang dinilai layak pimpin PSSI Parepare.

Menurut Azhari yang biasa dipanggil Challi, sebenarnya banyak figur yang punya potensi pimpin PSSI Parepare. Namun harus dicari yang benar-benar punya banyak waktu dan siap memajukan sepakbola Parepare.

“Setidaknya ada empat poin yang harus dimiliki calon ketua PSSI Parepare. Salah satu poin itu sebaiknya calon ketua adalah figur baru yang bisa membawa perubahan untuk bangkitnya Persipare,” ungkap Challi, Senin, 29 Juli 2019.

Challi menekankan empat poin kriteria calon ketua PSSI Parepare. Pertama, memiliki komitmen untuk membangun kembali persepakbolaan di Parepare khususnya pembinaan usia dini.

Kedua, siap berkorban tenaga, pikiran, waktu, dan dana. “Dalam arti jangan cari hidup di organisasi,” imbuh Challi.

Ketiga, siap bekerjasama dengan stakeholder. “Dan keempat ya itu tadi, sebaiknya calon ketua adalah figur baru yang bisa membawa perubahan untuk membangkitkan Persipare,” tegas eks pengurus Persipare di era HM Zain Katoe ini.

Challi yang saat ini menjadi dosen pernah tujuh tahun membawa seleksi Danone area Parepare dan membawa dua tim sukses tembus sebagai wakil Sulsel di putaran final di Jakarta (wakil dari Enrekang dan Pinrang).

Di masa itu, kata dia, pembinaan usia dini sangat memotivasi anak-anak usia 9 dan 12 tahun di area Parepare untuk mengajarkan pengetahuan dasar sepakbola. “Bahkan saya pernah punya tim SSB Bandar Madani,” lanjut Challi yang juga mantan pemain Persipare era 80-an.

Ketua Panitia Muskot PSSI Parepare, Fadlan Basri yang dihubungi terpisah mengatakan, hingga saat ini baru ada satu pendaftar calon ketua PSSI Parepare yakni Rahmat Sjamsu Alam.

Rahmat yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Parepare adalah mantan Ketua PSSI Parepare.

“Pendaftaran sudah terbuka. Informasi dari komite pemilihan sudah ada satu pendaftar, Pak Rahmat Sjamsu Alam,” ungkap Fadlan.

Rencananya, Muskot PSSI Parepare digelar 5 Agustus 2019, di Barugae Rumah Jabatan Wali Kota Parepare. (Fajar Udin)