IWO Tubaba Kecam Sikap Polisi Yang Tidak Memahami Tugas Wartawan

Tubaba, Lampung

Ikatan Wartawan Online ( (IWO) kabupaten Tulangbawang Barat menyesalkan dan mengecam keras sikap oknum anggota polisi yang bertindak kurang sopan terhadap jurnalis yang sedang bertugas. Lembaga ini meminta kepada bsemua pihak termasuk polisi harus memahami untuk tugas wartawan.

“Saya sangat menyayangkan sikap oknum anggota polisi yang bersitegang dengan insan jurnalis, karena wartawan merupakan mitra polisi maka harus dihormati dalam menjalankan tugasnya.
” Wartawan dalam menjalankan tugasnya dilindungi oleh hukum dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers maka harus dihormati ,” kata ketua IWO Tubaba Riko Amir Jumat (26/7).

Hal ini menyikapi adanya dugaan sejumlah jurnalis yang melakukan tugas jurnalistik dan diduga mendapat perlakuan yang kurang baik dari oknum polisi yang bertugas di polres Tulangbawang.
“Sikap kurang terpuji jangan sampai terjadi lagi terhadap insan jurnalis dan jangan sampai menghalangi wartawan yang sedang bertugas, serta kejahatan yang dilarang oleh UU Pers, karena itu merupakan pelanggaran berat terhadap dasar-dasar demokrasi di suatu negara,” tegasnya.

Jika ada perilaku yang dianggap kurang baik sebaiknya diselesaikan dengan cara yang bijaksana dan jika ada pemberitaan yang tidak berimbang misalnya, pihak yang merasa dirugikan bisa menempuh jalur menurut UU Pers untuk melapor ke Dewan Pers. Pihak tersebut dapat memberikan klarifikasi.

“Kami IWO Tubaba meminta kepada semua pihak untuk menghormati profesi wartawan dan hindari semua bentuk serta upaya menghalangi kinerja wartawan dalam menjalankan tugasnya,”ujarnya.
Riko berharap antara polisi dan wartawan harus menjalin sinergitas dan melakukan komunikasi yang baik agar tercipta situasi kondusif demi kemajuan transparans informasi. ” Perlunya antara polisi dan wartawan menjalin komunikasi yang baik dalam rangka menciptakan suasana kondusif, dan mari kita saling menghormati profesi masing-masing dan jika ada suatu permasalahan, mari duduk bersama dalam memecahkan permasalahan tersebut,”pungkasnya. (Can).