Inovasi SIM Online, Bentuk Maksimalisasi Pelayanan Satlantas Sumenep Pada Masyarakat

Sumenep, Jatim – Guna memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat yang akan mengurus atau memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM), Korps Lalu Lintas (Korlantas) mengumumkan saat ini telah ada layanan SIM Online.

Kanit Regident Satlantas Polres Sumenep, Ipda Agus Prayitno SH., mengungkapkan pada media ini, terobosan inovatif tersebut sangatlah bermanfaat bagi masyarakat. Mempermudah dan praktis dalam mengurus SIM. Dan untuk saat ini sudah ada sejumlah daerah yang menerapkan program tersebut, salah satunya adalah Kabupaten Probolinggo.

Dalam beberapa kesempatan yang lalu, Ipda Agus Prayitno SH., terlihat memberikan sosialisasi pada masyarakat yang tengah lakukan permohonan SIM. Ia menjabarkan sejumlah manfaat, kemudahan untuk perpanjangan sim melalui SIM Online. Sabtu 06/11.

“Banyak kemudahan yang didapatkan oleh pemohon melalui SIM Online, misalnya apabila masyarakat Pasuruan sedang berada di luar kota, jadi mereka tidak harus kembali lagi ke kota asalnya jika ingin memperpanjang SIM,” urainya.

Menurut Kanit Regident, banyak kemudahan yang telah diberikan Polri untuk melayani masyarakat. Dengan Sistem SIM Online, pelaksanaan simulasi ujian teori mengemudi secara bisa dilakukan secara online, baik untuk mobil maupun sepeda motor. Masyarakat yang berada jauh dari kota atau provinsi asalnya dan ingin memperpanjang SIM bisa langsung mendatangi Satpas di kantor polisi daerah tempatnya berada.

Pelayanan SIM Online diberikan kepada masyarakat yang berada di luar kota asal tempat tinggal sesuai KTP. Misalnya seseorang sedang bekerja di Kabupaten Pamekasan padahal KTP nya Sumenep dan SIM yang dimilikinya saat ini dibuat di Pameksan sedang masa berlakunya habis.

“Untuk perpanjangan atau peningkatan, yang bersangkutan tidak perlu kembali ke Pameksan cukup datang ke Satpas Sumenep. Jadi tidak harus pulang kampung untuk pembaruan SIM yang sudah dimilikinya,” terangnya.

Selain itu Kanit Regident Satlantas Polres Sumenep juga menjelaskan, SIM Online sengaja dilakukan hanya pada tempat yang telah disediakan Polri, dengan begitu maka potensi terjadinya pungli ataupun adanya oknum petugas yang bermain akan bisa dihindari.

“SIM Online hanya diproses di tempat yang telah kita sediakan, guna menghindari adanya oknum yang bermain ataupun Pungli,” ungkapnya. (Die, Rls Hms)