Hari Pramuka 58/2019, Jiwa Pramuka Wajib Menjaga Keutuhan NKRI

Sumenep – Untuk memperingati Hari Pramuka ke 58 tahun 2019, Kwarcab Sumenep laksanakan upacara hari pramuka.

Kegiatan yang bertempat di bumi perkemahan lapangan sepak bola Desa Kebunagung, Kecamata Kota Kabupaten. Sumenep, dengan mengambil tema ‘Peringatan 58 Tahun Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI’ dihadiri oleh jajaran Forkopimda Sumenep dan ratusan undangan lainnya.

Terpantau dilokasi, hadir Bupati Sumenep KH. A. Busyro Karim, M.Si selaku ketua majelis pembimbing cabang pramuka Sumenep, Wabup Sumenep (Ahmad Fauzi, SH), Dandim 0827/Sumenep Letkol Inf Ato Sudiatna, Kapolres Sumenep AKBP. Muslimin, S.I.K, Sekda Pemkab Sumenep Ir. Edy Rasyiadi, M.Si, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sumenep (Drs. H. A. Shadik, M.Si).

Dalam sambutan yang dilakukan Ketua Majelis Pembimbing Cabang Pramuka Sumenep, KH. A. Busyro Karim M.Si menjelaskan, peringatan Hari Pramuka adalah wujud dari rasa syukur kita kepada Allah SWT atas nikmat persatuan dalam satu wadah tunggal bersama segenap komponen bangsa keutuhan NKRI.

“Saat ini di tengah-tengah banyaknya permasalahan yang mengancam keutuhan negara dan bangsa Indonesia dalam rangka Hari Pramuka kiranya dapat memperhatikan hal-hal sebagai berikut pertama polusi dan radikalisme dan terorisme penyalahgunaan narkoba merupakan kejahatan yang menjadi tantangan terbesar bangsa Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya lagi, kegiatan kepramukaan menanamkan nilai-nilai luhur khususnya dari kecenderungan yang terlibat dalam kejahatan kejahatan tersebut dan lingkungan kita semua mencintai alam merupakan wujud dari rasa kasih sayang setiap anggota pramuka bagi diri sendiri dan bagi generasi penerusnya.

“Gerakan Pramuka tidak boleh berpangku tangan setiap kali terjadi bencana tetapi juga harus mengambil peran aktif bersama instansi lainnya oleh karena itu saya berharap memiliki perhatian khusus terhadap hal-hal di atas,” pungkasnya.

Disela sela acara, Komandan Kodim 0827 Sumenep, Letkol Inf. Ato Sudiatna menambahkan, Seorang Pramuka harus siap menjaga keutuhan NKRI terus mendorong dan mendukung perkembangan gerakan Pramuka di masa mendatang gerakan Pramuka akan mampu menyediakan gerakan generasi generasi yang unggul yang akan menciptakan sejarah kemajuan NKRI.

“Persamaan cara pandang dan bahasa dalam menyikapi permasalahan kebangsaan khususnya masalah keutuhan NKRI menjadi bagian penting yang seharusnya selalu diperhatikan anggota Pramuka Tri Satya dan Dasa Dharma dan Dharma Pramuka dengan Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka,” tambahnya. (and/pendim)