“Hari Lahirnya Pancasila,” Tidak Hanya Bernilai Sejarah Kata Ketua PETAKA Banyuwangi

Banyuwangi | suaranasionalnews.co.idDi momentum Hari Lahir Pancasila yang jatuh tepat pada hari ini, 1 Juni 2021, Ketua Pergerakan Wartawan Reinkarnasi (PETAKA) Kabupaten Banyuwangi, Nanang Slamet mengajak tidak hanya insan pers, tetapi juga seluruh masyarakat agar menjaga kesatuan dan persatuan NKRI.

Menurutnya, peringatan Hari Lahirnya Pancasila menjadi suatu yang sangat sakral bagi bangsa Indonesia. Pancasila merupakan suatu ideologi yang menjadi tumpuan kuat bangsa Indonesia.

Untuk itu, Nanang mengajak seluruh masyarakat untuk memaknai Pancasila sebagai dasar persatuan Indonesia.

“Hari Lahir Pancasila tidak hanya bernilai sejarah, tetapi karena makna yang terkandung dalam setiap butir sila Pancasila merupakan hal yang harus dihayati oleh warga Indonesia,” ucap Nanang, alumni Kampus UNTAG Banyuwangi Ini.

Dia menyampaikan, perbedaan keberagaman suku bangsa, budaya, agama, ras, serta bermacam-macam golongan dan kelompok, tidak menjadi penghalang bagi bangsa ini untuk membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ini dikarenakan adanya kesadaran untuk mengedepankan nilai persatuan dan kesatuan diatas segala bentuk perbedaan dalam komponen bangsa.

“Oleh karenanya mari kita sama-sama jaga persatuan dengan kembali memahami esensi dari Hari Lahirnya Pancasila dan mengamalkan kelima sila yang ada di Pancasila secara nyata,” tutupnya. (Hry)