Garap 1 Hektar Lahan Tidur, Babinsa: Ingin Jadikan Pulau Giligenting Swasembada Pangan

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idBabinsa Koramil 0827/23 Giligenting Serma Triyanto menginginkan setelah pembukaan lahan tidur seluas 1 hektar, Kepulauan Giligenting bisa menjadi lahan pertanian.

Pihaknya ingin memberi contoh cara bertanam yang baik kepada para petani.

Hal tersebut disampaikan Serma Triyanto, usai menggarap lahan tidur di Desa Bringsang, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep. Kamis (28/3/2024).

“Kami sudah menanam singkong Alhamdulillah sukses, saat ini mau tanam jagung, kalau bisa Giligenting ini kita bisa jadikan Pulau swasembada pangan,” ujarnya.

Serma Triyanto mengungkapkan pembukaan lahan tidur yang ia garap dikarenakan tidak difungsikan oleh masyarakat setempat yang rata-rata 60 persen urban ke Jakarta untuk mencari nafkah.

Pihaknya juga mengajak komponen masyarakat yang masih tinggal di Giligenting, dalam hal ini kades dan kelompok tani untuk memberi contoh sekaligus mengedukasi bertani jagung yang baik.

“Masyarakat disini di Desa Bringsang sangat tertarik, sangat senang dan rencananya nanti akan diikuti oleh para petani yang tidak ke Jakarta,” ungkap Serma Triyanto.

Serma Triyanto ingin memberi tantangan bahwa menanam jagung bisa dilaksanakan kapan saja.

“Harapan kami tanam jagung kedepan bisa tiga kali dalam setahun dan ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” harapnya. (Pendim 0827/Sumenep)