DPC. PWRI Sumenep 2019-2021, Siap Jadi Pemancar Bagi Masyarakat

Sumenep – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Kabupaten Sumenep periode 2019-2021 hari ini resmi dilantik. Pelantikan dilaksanakan di Gedung Islamic Centre Bindara Saod, Desa Batuan, Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Kamis, 29/8/2019.

Diketahui para Pengurus Baru DPC PWRI Kabupaten Sumenep ini dilantik oleh DPP PWRI Pusat melalui Surat Keputusan Nomor: 16.34.001/SK/DPP-PWRI/VIII/2019 tentang Pengesahan Susunan Pengurus DPC PWRI Sumenep Periode 2019-2021.

Acara pelantikan tersebut dihadiri oleh Ketua Umum DPP PWRI Dr. Suriyanto. PD, SH. MH. M.kn., Sekjend DPP PWRI Zulfikar Taher, SH. S.Pd.I., Ketua OKK DPP PWRI Tongam HL. Tobing., Bupati Sumenep Dr. KH. A. Busyro Kari., M.Si yang diwakili Asisten III Mohammad Fadilla., Segenap Pimpinan OPD Kabupaten Sumenep.

Hadir juga sejumlah Advocat Kabupaten Sumenep, Aktifis NJO Kabupaten Sumenep, Aktifis OKP Kabupaten Sumenep, Ketua dan Anggota Organisasi media dna wartawan se Kabupaten Sumenep, serta para peserta Siswa dan Siswa SMA/SMK sederajat yang ada di Kabupaten Sumenep.

Ketua Umum DPC PWRI Kabupaten Sumenep Hilman Jr mengucapkan terima kasih kepada semua panitia dan DPC PWRI Kabupaten Sumenep yang telah sabar dan kompak dalam mensukseskan acara pelantikan ini.

Hadirnya kami (PWRI) di Kabupaten Sumenep tidak lain untuk melengkapi (rukun islam) kita di PWRI Sumenep, semuanya kaula muda dan pemula. Namun, kami yakin bisa jadi sosial control bagi masyarakat dan pemerintah.

“Kedepan kita akan bangun sinergi dengan semua pemerintah Kabupaten Sumenep, kita wartawan harus bekerja sesuai dengan etika dan berlandaskan UUD tahun 1999 tentang PERS. Jadi, jika kerjanya marah-marah itu bukan wartawan. Jika ada anggota kami seperti itu jangan segan-segan silahkan sampaikan kepada kami.” kata Hilman Jr dalam sambutannya. Kamis, 29/8/2019.

Lanjut Hilman, pada pelantikan ini sesuai dengan tema “Mempertegas Implementasi Undang-Undang Perlindungan Anak di Kabupaten Sumenep”, bukan hanya berapa kekerasan kepada anak. Tapi, bagaimana bantuan hukum, korelasinya Sumenep sebagai Kota layak anak dan target kedepan mengedukasi para pelajar (jurnalis cilik).” jelasnya.

Selain itu, Asisten Admistrasi Umum, Mohammad Fadillah mengucapkan selamat kepada para pengurus baru DPC PWRI Kabupaten Sumenep yang terpilih dengan harapan mampu membawa penyegaran bagi kiprah organisasi PWRI ini ke depan.

“Berharap Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Sumenep bisa menjadi mitra kerja Pemkab dalam membantu menginformasikan program pembangunan, serta penyelenggaraan pelayanan publik untuk masyarakat.

Hal ini disampaikan Mohammad Fadillah saat membuka acara Pelantikan Pengurus Baru Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Wartawan Republik Indonesia (DPC PWRI) Periode 2019-2021.

“Alhamdulillah bersyukur menjadi saksi pelantikan pengurus baru DPC PWRI Kabupaten Sumenep. Saat ini institusi pemerintah dan institusi wartawan (PWRI) tetap harus menjadi mitra kerja sebagai rujukan informasi.” ujar Fadilla di lokasi,

Tak hanya itu, Fadilla mengakui media sangat berperan penting dalam menyuarakan aspirasi masyarakat sehingga bisa segera ditangani jika ada masalah.

“Kami mendapat aspirasi lewat media, media mengungkapkan masalah di dalam masyarakat, karena itu diterima sebagai fakta untuk kita bereskan bersama. Jadi ini sebuah kolaborasi penting yang harus kita dorong bersama,” kata Fadilla.

Fadilla juga ingin dalam penyampaian informasi penyelenggaraan pembangunan di Kabupaten Sumenep, para insan pers menyampaikannya dengan mengedepankan prinsip-prinsip independen, konstruktif, seimbang, obyektif dan bertanggung jawab.

“Peran media, wartawan justru sebagai penjuru untuk membangun trust (kepercayaan) yang ada di republik ini. Karena itu, kita bicara independensi, objektivitas karena penjurunya itu, kepercayaan. Ini yang ingin coba kita sama-sama lakukan.” ucapnya.

Ia pun mengapresiasi kolaborasi dan sinergi DPC PWRI Kabupaten Sumenep ditanamkan dan dibangun bersama. “Mudah-mudahan pengurus DPC PWRI Sumenep akan bisa menjadi pemancar kepercayaan bagi masyarakat.” tutupnya. (and, sen)