Danramil Penajam Berikan Wasbang Kepada Masyarakat Buluminung Laut

Penajam | suaranasionalnews.co.idKapten Inf Martinus Aluy selaku Komandan Koramil 0913-01/Penajam Kodim 0913/PPU melaksanakan penyuluhan atau pemberian Materi tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada warga RT 01 Kelurahan Buluminung Laut yang bertempat di gedung serba guna Kantor WKP Kelurahan Buluminung laut Kecamatan Penajam Kabupaten PPU.Jum’at (09/12/2022).

Drs H. Baharudin Muin dalam sambutannya menyampaikan,”Pada saat ini masih banyaknya masyarakat yang belum memahami apa itu Pancasila sebagai dasar negara kita dalam rangka sosialisasi WASBANG ini harus diperkenalkan kepada masyarakat agar bisa memahami wawasan kebangsaan tersebut,”pungkasnya.

Sementara itu, Kapten Inf M.Aluy saat memberikan materi wasbang kepada warga Buluminung Laut mengatakan,”Apa itu 4 Pilar, yang tak lain adalah, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,”Kata Danramil.

“Pancasila sebagai dasar negara, Pancasila sebagai jiwa dan kepribadian negara, Pancasila sebagai ideologi negara serta Pancasila sebagai tujuan hidup kita, UUD 45 merupakan dasar pedoman negara untuk meraih kemerdekaan, Bhineka tunggal ika merupakan semboyan negara untuk mempersatukan seluruh wilayah, suku, budaya, bahasa dan agama diseluruh wilayah negara kita, NKRI,” urainya.

Lanjutnya,“Setiap warga negara perlu mengetahui sejarah bangsa dan bela negara sangat penting untuk diketahui oleh semua warga negara, dan tanggung jawab bela negara tidak hanya pada aparat keamanan tetapi semua rakyat sesuai dengan profesinya masing – masing,”pungkasnya.

Diakhir penyampaiannya Kapten Inf M.Aluy berharap setelah menerima materi ini masyarakata Buluminung Laut ini mampu memahami Wawasan Kebangsaan dalam bingkai NKRI dan sebagai dasar mengutamakan kepentingan Nasional dalam perannya sebagai penerus cita cita perjuangan Bangsa.

“Kami berpesan kepada putra putri nya agar menjauhi apa itu yg dinamakan dengan NARKOBA.. Jauhi …jauhi jangan dicoba coba…,”tutupnya. (Dim 0913/PPU)