Danramil 0827/15 Batuputih Turut Tanam 1000 Pohon Bersama Warga Larangan Kerta

Sumenep – Musim penghujan diwilayah Kab. Sumenep saat ini sudah mulai sering turun, tanah yang tadinya kering dan gersang di musim kemarau, sekarang sudah mulai gembur dan bermunculan tumbuh rumput dan tanaman liar, itulah tandanya tanah sudah siap dimulai berbagai macam penanaman.

Danramil 0827/15 Batuputih Kabpen Cba M. Yuli Irawan turut langsung dalam penanaman 1.000 pohon bersama masyarakat desa Larangan Kerta. Selasa (24/12/19).

Kapten Cba M. Yuki Irawan mengatakan, penghijauan ini merupakan program binter terpadu Kodim 0827 Sumenep bekerjasama dengan kehutanan cabang Sumenep dalam penghijauan di wilayah Kab. Sumenep yang mengusahakan 6.000 pohon untuk ditanam di berbagai wilayah teritorial Kodim Sumenep termasuk di desa Larangan Kerta.

“Kodim 0827 Sumenep melalui staf teritorial dalam program pembinaan teritorial terpadu melaksanakan penanaman 1.000 pohon bersama masyarakat di wilayah desa Larangan Kerta wilayah binaan Koramil kami”, ungkapnya.

Lanjut Kapten Irawan, masyarakat desa Larangan Kerta menyambut dengan baik adanya penanaman 1.000 pohon di desanya, malah berharap bisa ditambah lagi untuk jumlah pohonnya.

Kapten Inf Nanang Fadhori Pasi teritorial Kodim 0827 menyampaikan, penanaman 1.000 pohon di desa Larangan Kerta Kec. Batuputih ini merupakan salah satu wilayah dari lokasi penanaman 6.000 pohon kerjasama Kodim 0827 dengan kehutanan cabang Sumenep.

“Dari 1.000 pohon yang ditanam tersebut kebanyakan adalah pohon buah – buahan diantaranya : pohon pete, durian, sukun, kluwih, jambu, jeruk, jati putih, mahoni, pohon Alpokat, Mangga dan lainnya”, papar Kapten Nanang.

Sementara itu dalam kesempatan lain Dandim 0827 Letkol Inf Ato Sudiatna menyampaikan, dimusim penghujan merupakan waktu yang tepat guna menggalakan penghijauan.

Menurutnya, menanam satu puhon hingga tumbuh besar nantinya, itu merupakan 1.000 tanam kebaikan yang dapat dirasakan puluhan ribu manusia, karena satu puhon tersebut udara segar terhirup oleh siapapun, air hujan tertampung dan tertata debit air hingga tidak mudah terjadi banjir dan masih banyak laigi manfaat dan kebaikannya.

“Saya harap pogram penghijauan ini benar – benar terjaga hasilnya, dengan penanaman pohon bersama dan jaga kelestariannya juga secara bersama – sama baik dari Kodim 0827 Sumenep maupun masyarakat sekitar”, ungkapnya. (Pen0827)