Dandim 0827 Sumenep Selenggarakan RAT Koperasi Garuda 27

Sumenep, Jatim| suaranasionalnews.co.idSebuah koperasi harus mampu meningkatkan kesejahteraan bagi anggota dan keluarganya serta bisa memanfaatkan perkembangan pasar guna mengembangkan usaha koperasi.

Hal diatas diungkapkan oleh Ketua Puskop Kartika Bhirawa Anoraga Kodam V / Brawijaya Kolonel Arm Eko Ponco Widodo dalam sambutannya di Rapat Anggota Tahunan Primkop Kartika Garuda 27 Tutup Buku Tahun 2020, di Aula Makodim 0827 Sumenep, Jawa Timur. Senin 02/03/2020.

Dalam kegiatan yang mengambil tema “Dengan semangat kebersamaan, kemandirian dan kinerja yang baik, kita tingkatkan peran koperasi Kartika dalam menunjang kesejahteraan Prajurit dan PNS TNI AD”, Kaprimkopad Kodam V/ Brawijaya sangat mengharapkan para pengurus dan anggota suatu koperasi harus kreatif, terus berperan aktif untuk memajukan koperasi.

“Peran aktif dari seluruh anggota sangat diperlukan guna mengembangkan koperasi, koperasi harus mampu berdiri sendiri dan bisa mendukung usaha usaha para anggota. Selain itu diharapkan koperasi mampu dalam menetapkan kebijakan pemerintah untuk kedepannya dan memberikan manfaat bagi anggota dan keluarganya,” ujarnya.

Senada dengan yang dikatakan Kaprimkopad Kodam V/ Brawijaya, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sumenep Drs. Sustono, MM menjelaskan beberapa manfaat dari koperasi, diantaranya adalah meningkatkan kesejahteraan manusia, akses pembiayaan usaha, modal dan jangkauan usaha, serta perlindungan usaha.

“Koperasi mempunyai semboyan bisa meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan anggota sehingga apabila di Kabupaten Sumenep ini mempunyai banyak koperasi masyarakat pasti akan sejahtera. Koperasi ini merupakan milik bersama sehingga jangan sampai di masuki oleh kapitalisme yang dapat merusak keanggotaan dalam koperasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Dandim 0827 Sumenep Letkol Inf. Ato Sudiatna menambahkan, dengan adanya koperasi bisa dijadikan sebagai sandaran satuan, karena adanya koperasi secara tidak langsung telah menyokong pelaksanaan dari program kerja satuan sebagai penyedia dana talangan ketika benar dibutuhkan.

“Adanya koperasi agar dapat meringankan beban anggota dan satuan serta bisa mendukung usaha satuan dan anggota,” tandas Dandim.

Menurutnya lagi, Koperasi Garuda 27 saat ini tidak ada kendala yang berarti akan tetapi diharapkan bisa tumbuh berkembang.

“Diharapkan anggota bisa berpartisipasi dalam meningkatkan usaha Koperasi Garuda 27 dan pengurus bisa berinovasi dalam mengembangkan Koperasi Garuda 27,” tandas Dandim 0827/ Sumenep Letkol Inf Ato Sudiatna.

Terpantau media ini, hadir dalam Kasdim 0827/ Sumenep Mayor Hendro  Prapto Mukti, Dekopinda Kabupaten Sumenep Bpk.  Moh Zaini, Koordinator Koperasi jajaran KOREM 084/BJ Kapten TOP Imam, Perwira Staf dan Danramil jajaran, Kepala berserta pengurus Koperasi Garuda 27, Anggota dan PNS Kodim 0827/ Sumenep dan Persit Kodim 0827/ Sumenep. (Die)