Dandim 0827/Sumenep Pimpin Langsung Upacara 17an Di Makodim Sumenep

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idUntuk ke sekian kalinya Kodim 0827/Sumenep menggelar upacara bendera 17an yang bertempat di Lapangan Upacara Makodim 0827/Sumenep Jalan Ksatrian no.1 Kelurahan Pajagalan Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep, Jumat (17/03/2023).

Komandan Kodim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E.,M.Si., secara langsung memimpin sebagai Inspektur Upacara. Upacara bendera yang dilaksanakan hari jumat ini adalah dalam rangka memupuk jiwa kejuangan, patriotisme, nasionalisme dan solidaritas prajurit serta untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Pada upacara 17 kali ini selaku inspektur upacara, Dandim 0827/Sumenep Letkol Donny Pramudya Mahardi, S.E.,M.Si., menyampaikan pokok-pokok point amanat Pangdam V/Brawijaya diantaranya TNI harus selalu meningkatkan sistem pengawasan internal serta hindari tindakan yang dapat merugikan negara, Prajurit Kodam V/Brawijaya harus bersikap cerdas, selektif, arif dan bijaksana dalam menyikapi setiap perkembangan situasi yang terjadi.

Kemanunggalan TNI – Rakyat adalah kekuatan utama bangsa Indonesia, Pangdam V/Brawijaya berharap Jajaran Kodam V/Brawijaya harus selalu dapat menjaga, memelihara serta meningkatkan kesiapan satuan untuk mengantisipasi perkembangan situasi yang terjadi di wilayah Kodam V/Brawijaya.

Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E.,M.Si., juga menambahkan upacara tersebut bukan hanya sekedar rutinitas yang biasa dilakukan, akan tetapi harus benar-benar dimaknai sebagai sebuah implementasi jiwa Nasionalisme sebagai warga negara Kesatuan Republik Indonesia, apalagi sebagai seorang prajurit TNI.

Selain itu, pelaksanaan upacara juga untuk menumbuhkan jiwa patriotisme seluruh peserta upacara, guna menghormati Sang Saka Merah Putih, serta menumbuhkan jiwa kedisiplinan bagi seluruh prajurit Kodim 0827/Sumenep dalam mengamalkan Sapta Marga, Delapan Wajib TNI, dan Sumpah Prajurit.

Upacara juga sebagai sarana komando, guna menjalin komunikasi antara pimpinan, staf dan anggota agar setiap kebijakan, instruksi, petunjuk dan informasi dapat mengalir dan dipahami secara seksama, untuk dijadikan pedoman dalam setiap pelaksanaan tugas, terang Dandim 0827/Sumenep.

Upacara yang dilaksanakan di Makodim 0827/Sumenep berlangsung dengan hikmat dan lancar tanpa suatu kendala apapun. (Pendim 0827/Sumenep)