Camat Ujung Pindah ke Rujab, Khataman Al-Qur’an

Parepare – Setelah dilantik jadi Camat Ujung Ulfa Lanto, S.STP oleh Walikota Parepare, beliau pindah ke Rumah Jabatan Camat Ujung pada hari Rabu, 4 September 2019 beralamat Jln. Mattirotasi dekat dari Pasar Labukkang. Camat Ujung dengan berbagai kesibukannya mengundang para penghafal Al-Qur’an dari Jamiyyatul Qurra Wal-Huffadz dipimpin Ustadz Hisbul Rauf, S.Hi, M.Pd dan juga Imam Masjid Al-Irsyad.

Rumah Jabatan Camat Ujung sangat strategis berada di pusat kota sehingga memudahkan Ibu Camat Ujung memahami kondisi dan keadaan lingkungan dan masyarakat sekitarnya. Para lurah se-Kecamatan Ujung beserta staf diundang untuk santap siang.

Dalam tradisi Masyarakat Bugis Makassar biasanya kalau ada yang mau pindah rumah disajikan 7 macam kue dengan maksud semoga pemilik rumah dalam Bahasa Bugis mattuju-tuju ( dapat mencapai apa yang diharapkan ). Kue lapis simbol semoga reski pemilik berlapis-lapis, kue sawella simbol agar hati seseorang selalu senang hati memberi kepada pemilik rumah. Kue jompo-jompo harapan agar resminya berlimpah, ini tradisi bukan syariat. Dalam Bahasa Bugis sennung- sennungngan artinya pengharapan semoga pemilik rumah baru dapat menggapai apa yang diharapkan bersama keluarga.

Khataman Al-Qur’an yang dilaksanakan di Rujab Ujung semoga menjadi berkah bagi Keluarga Ibu Camat Ujung dan hidup merasa tenang serta nyaman. Dan setelah khataman dan ditutup dengan doa ibu Camat Ujung mengajak menikmati kue sekaligus bersantap siang. (Fajar Udin)