Bulan Ramadhan, Kadisdik Sumenep Persilahkan Lembaga Naungannya Untuk Laksanakan UAS dan UKK

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.id Di pasca Bulan Ramadhan, kegiatan belajar mengajar (KBM) sekolah yang ada di Kabupaten Sumenep akan tetap berjalan sesuai petunjuk/arahan Kemendiknas.

Disebutkan oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumenep, Mohammad Iksan saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (27/04/2021), kegiatan PTM (Pertemuan Tatap Muka) di bulan Ramadhan ini akan tetap berlangsung sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

“Kegiatan PTM di bulan Ramadhan ini mengacu pada Permendiknas yang terbaru. Pertama, libur awal Ramadhan selam tiga hari. Kedua pelaksanaan KBM seperti biasanya. Ketiga, harus ada kegiatan efektif fakultatif selama Ramadhan ini,” terangnya kepada media ini.

Lebih lanjut, Iksan panggilan akrabnya menjelaskan, dalam kegiatan PTM itu pihaknya membolehkan sekolah dibawah naungannya untuk melaksanakan kegiatan Ujian Akhirnya Sekolah (UAS) atau Ujian Kenaikan Kelas (UKK).

“Jika sekolah mau melaksanakan ujian sekolah atau UKK silahkan, tapi kalau materi pembelajaran di semester itu belum tuntas, maka selesaikan dulu,” ujarnya.

Pria yang saat ini juga menjabat Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) itu juga mengatakan, ujian sekolah kali dipasrahkan penuh kepada pihak sekolah, karena tahun ini tidak ada Ujian Nasional.

“Secara serentak kenaikan kelas pada 19 Juni 2021, jadi yang mau melaksanakan ujian dibulan Ramadan ini boleh, dilaksanakan setelah idul Fitri juga boleh,” pungkasnya. (And,Tiem)