Bentuk Kemanunggalan TNI dan Rakyat, Babinsa 0827/02 Anjangsana dan Komsos ke Rumah Warga

Sumenep – Komunikasi Sosial adalah salah satu metode dan ilmu yang harus dikuasai oleh seluruh Prajurit yang berdinas di kewilayahan sebagai aparat teritorial.

Koptu Muhayyi Babinsa Koramil 0827/02 Kalianget Satuan kewilayahan jajaran dari Kodim 0827 Sumenep, walaupun dalam kepangkatan masuk dalam golongan Tamtama namun cakap dalam kemampuan Komunikasi Sosial.

Sebagai aparat kewilayahan, kemahiran dalam kemampuan teritorial harus dikuasai dengan baik.

Babinsa Koptu Muhayyi mengatakan, dalam aplikasi dilapangan saya terapkan ilmu teritorial dalam masyarakat, srperti halnya bersilaturahmi dengan warga untuk berkomsos untuk di rumah Bapak Moh Yusuf di Dusun Kebun Kelapa Desa Kalianget Barat Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep. (5/7/19)

Kami berbincang dan saling memberi informasi, saling kenal dan kedekatan kami bina.

Kedatangan Babinsa Koptu Muhayyi tepat waktunya, Moh. Yusuf belum begitu paham akan pembuatan akte kelahiran untuk anaknya yang seminggu baru lahir dan KK baru, kemudian dijelaskan oleh Babinsa.

” Datang ke kantor Desa dengan membawa foto kopy KTP suami istri dan surat nikah KUA, foto kopy KK dan aslinya di tambah surat kelahiran dari dokter atau rumah sakit, disana nanti akan dikasih surat pengantar desa kemudian datang ke kantor kecamatan bagian kependudukan dengan membawa surat – surat tersebut disana akan diarahkan petugas “, jelasnya.

Baru setelah dari kecamatan langsung datang ke kantor Kependudukan dan catatan sipil, disanalah nanti yang akan mengeluarkan KK baru dan akte kelahiran.

Sementara itu ditempat terpisah Kapten Inf Taryono Danramil 0827/02 Kalianget menyampaikan, Babinsa sebagai Prajurit teritorial harus lebih luwes dan halus dalam berbaur dengan rakyat dan berpegang teguh pada 3 santi aji Prajurit.

Santi aji Prajurit tersebut adalah Sumpah Prajurit, Sapta Marga dan 8 wajib TNI

” Komunikasi Sosial yang sering disebut juga dengan Komsos dijadikan Babinsa sebagai sarana pendekatan diri dan penggalangan pada masyarakat guna mewujudkan kemanunggalan TNI Rakyat “, ungkapnya.

Selain itu juga dikuatkan dengan sikap teritoriap Babisa, yaitu tegur, sapa dan senyum tentunya denan ramah dan sopan dengan kunci baik-baik dengan rakyat. (Pendim)