Babinsa Serda Rachmat bersama Babinkamtibnas turut dalam acara rokat desa Pinggirpapas

Sumenep | suaranasionalnews.co.id Serda Rachmar Babinsa Koramil 0827/02 Kalianget bersama Babinkamtibnas hadiri acara dalam rangka rokat desa Pinggirpapas Kec. Kalianget Kab. Sumenep. Sabtu (8/2/20)

Acara rokat desa merupakah sebuah ritual adat yang sudah rutin dilaksanakan warga desa Pinggirpapas dalam setiap tahunnya sebagai rasa syukur kepada Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan rezeki serta keselamatan dalan segala aktifitas di laut.

Selain Serda Rachmat hadir pula Babinkamtibnas Bribka Fery dan 2 rekannya, Kades Pinggirpapas H. Abdul Hayat, Sekdes Pinggirpapas Saudara Suhrawi, Ketua Panitia H.Moh.Adhar Fajri, para perangkat desa, toga tomas dan masyarakat.

Dalam sambutan ketua panitia H. Moh. Adhar Fajri mengatakan, bayak warga yang turut dalam acara rokat desa dengan bermacam – macam kapal nelayan penuh hiasan yang mempercantik dan membuat ramai acara.

“Ratusan warga yang hadir dan ramainya mesin kapal nelayan merayakan rokat desa guna menjaga kekompakan dan persatuan para nelayan,” jelasnya.

Babinsa Serda Rachmat mengatakan, acara tersebut merubakan kebiasaan masyarakat Pinggirpapas yang sudah melekat sebagai budaya yang perlu dilestarikan.

Menurutnya, hal tersebut merupakan sebuah adat kebiasaan yang mengandung banyak do’a dan harapan masyarakat akan karunia, berkah dan perlindungan Allah SWT.

“Adat ini perlu dipertahankan sebagai budaya Sumenep yang nantinya dapat mengandung nilai tontonan dan menarik wisatawan Indonesia bahkan mancanegara untuk datang di Kab. Sumenep,” ungkapnya.

Serda Rachmat juga berharap pada semua warga melalui media ini, dengan adanya rokat desa tersebut dapat menjalin silaturahmi, menjaga kebersamaan dan memperkokoh persatuan nelayan serta semua warga Pinggir Papas.

(Pendim 0827)