Babinsa Koramil 0827/01 Kota Bantu Petani Pantau Tanaman Padi

Sumenep, Jawa Timur

Babinsa Koramil 0827/01 Kota Serka Chairul H melakukan pengecekan dan monitoring kesuburan tanaman padi Jenis Ciherang, di lahan sawah milik Bapak Nasiyu Desa Pabian Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep. Sabtu (20-7-2019).

Hal ini dilaksanakan oleh Babinsa bersama dengan kelompok tani, dalam rangka mengikuti perkembangan tanaman padi dan pertumbuhannya serta melakukan pendeteksian terhadap kemungkinan adanya hama tanaman yang menyerang tanaman tersebut.

Serka Chairul H mengatakan, Untuk mencapai hasil yang maksimal, kami selalu mendampingi petani mulai dari penyiapan lahan sawah, penyemaian bibit, monitoring perkembangan dan kesuburan tanaman hingga panen dan penyaluran ke Bulog.

“Selain itu Babinsa juga dituntut agar mengetahui keluh kesah petani dan pola tanam sesuai dengan prosedur yang telah diajarkan demi hasil yang maksimal,” ujar Serka Chairul H.

Serka Chairul H juga berpesan agar Bapak Nasiyu tetap tekun dalam bekerja. Ia meminta tanaman padi ini dijaga dari gangguan hama burung sampai musim panen tiba.

Secara terpisah, Danramil 0827/01 Kota Kapten Inf Sarkun mengatakan, Kegiatan monitoring tanaman padi milik petani yang dilakukan para Babinsa dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan dan kesuburan tanaman serta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman padi di wilayah binaannya.

“Untuk mendukung program tersebut serta tencapai target, Babinsa selalu memberikan pendampingan baik secara teori maupun praktek langsung agar program swasembada pangan dapat tercapai,” pungkas Kapten Inf Sarkun.