Babinsa Koramil 02 Kalianget Dukung Siaga Cegah DBD di Marengan Laok

Sumenep – Babinsa Koramil 0827/02 Kalianget Serka Moh. Ridwan hadiri dan dukung penuh kegiatan Advokasi Lintas Sektor dalam kesiagaan mencegah berjangkitnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang dipelopori UPT Puskesmas Kalianget di Desa Marengan Laok Kec. Kalianget Kab. Sumenep. Jum’at (3/1/20).

Dalam acara tersebut dihadiri hingga 35 orang, tanpak dalam acara, Camat Kalianget Drs. H. Imam Fajar., MM, Kapolsek Kalianget yang diwakili oleh Babinkamtibmas Marengan Laok Brigpol Rahmat Hidayat, Kepala Upt. Puskesmas Kalianget drg. Nurul Hayati, M.Si.

Hadir pula Kabid P2P ( Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit) dinas Kesehatan Kab. Sumenep Drs.Kusumawardani, M.Kes beserta Team dari Dinkes Kab. Sumenep, Sekdes Marengan Laok M. Sahul, para Kades Se-Kec. Kalianget dan Kader Jumantik Se-Kec. Kalianget serta Anggota BPD Marengan Laok dan Tokoh masyarakat Desa Marengan Laok.

Dalam kesempatan tersebut Serka Moh. Ridwan Babinsa Koramil 02 Kalianget menyampaikan, pihaknya Koramil maupun Polsek Kalianget akan selalu dukung dan siap membantu dalam siaga dan pembasmian adanya penyebab penyakit Demam Berdarah.

Menurut Moh. Ridwan, musim seperti sekarang ini adalah musim dimana nyamuk yang yang menyebabkan DBD, sehingga kita bersama baik dari dinas kesehatan, puskesmas, TNI Polri, pemerintahan dan masyarakat secara keseluruhan haru sadar akan menjaga kebersihan dan menjaga serta mencegah penyeban DBD.

“Dalam kesehatan sering kita sebut mencegah lebih baik dari pada pengobatan,” ungkapnya.

Pada acara tersebut Kepala Upt. Puskesmas Kalianget drg. Nurul Hidayati, M. Si. mengatakan, sesuai fungsi puskesmas sesuai Permenkes nomor 75 tahun 2014 adalah sebagai pelayanan kesehatan pratama guna meningkatkan masyarakat yang sehat dan mandiri dan meningkatkan derajat kesehatan, melindungi kesehatan masyarakat serta menciptakan tata kelola pelayanan yang baik.

“Puskesmas Kalianget akan selalu siap melayani masyarakat dengan sepenuh hati salah satunya dengan ciptakan upaya kesehatan berbasis masyarakat melalui Posyandu dan UKK termasuk kegiatan Advokasi lintas sektoral sekarang ini,” ungkapnya. (Pen0827)