Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Kreatif, Dosen PGSD Parepare Tampilkan Miniatur Gunung Berapi

Parepare –┬áDosen PGSD Parepare Kampus V UNM melakukan program kemitraan masyarakat (PKM) terkait pelatihan pembuatan media pembelajaran yang kreatif, efektif, dan menarik bagi guru SD. Kegiatan itu berlangsung di UPTD SDN 35 Model Parepare, Sabtu (21/9/2019).

PKM yang dibuka langsung kepala sekolah UPTD SDN 35, H Syahrir itu diikuti oleh 15 guru.

Adapun empat media yang dipaparkan masing-masing 2 media IPS dan 2 media IPS yakni Human Maps, Pakakala Board Game, dan Kotak Kota.

Menariknya, tampak media pembelajaran miniatur gunung berapi yang terbuat dari bubur kertas dibentuk seperti gunung, lahar dan lavanya terbuat dari campuran sitrun, sabun detergen, cuka makan dan pewarna makanan merah.

Koordinator PKM, Ila Israwaty, mengatakan tujuan pelatihan ini yaitu memberi pemahaman tentang pentingnya penggunaan media pembelajaran yang kreatif untuk menarik minat belajar siswa.

“Juga untuk mengajarkan kepada guru kelas cara membuat media pembelajaran yang menarik, kreatif dan efektif,” terangnya.

Dosen IPA itu juga menjelaskan manfaat PKM itu agar guru kelas lebih memahami penggunaan media pembelajaran dan memilih media pembelajaran.

“Media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik siswa milenial atau zaman sekarang sehingga siswa akan lebih mudah memahami materi pembelajaran,” jelasnya.

PKM yang dilakukan oleh tiga dosen PGSD Parepare yaitu Musfirah, Sitti Maryam M, dan Hamzah Pagarra diikuti puluhan mahasiswa PGSD angkatan 2018. (Fajar Udin)