Ungkap Fakta Alasan PD Sumekar Suplai Beras Bagi ASN

Sumenep | Kali ini Terkuak kembali bahwa Bupati Sumenep telah menetapkan Peraturan Bupati (Perbup) Sumenep Nomor 64 Tahun 2021 tentang Penyediaan Beras Bagi Aparatur Sipil Negara.,Bahwa dalam rangka mewujudkan kesejahteraan dan ketahanan pangan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten perlu ditetapkan kebijakan antara lain dengan penyediaan beras yang berkualitas dengan harga terjangkau serta mudah didapat.

” Bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana yang dimaksud pada huruf a perlu menetapkan Peraturan Bupati Sumenep tentang penyediaan beras bagi aparatur sipil negara,” demikian bunyi huruf b pada konsideran menimbang Peraturan Bupati (Perbup) Sumenep Nomor 64 Tahun 2021 tentang Penyediaan Beras Bagi Aparatur Sipil Negara tersebut, dikutip tim media ini, Kamis (19/5/2022).

Sedangkan maksud dan tujuan dari Peraturan Bupati ini sebagai landasan dan dasar hukum pelaksanaan penyediaan Beras bagi ASN.

” Penyediaan beras sebagaimana yang dimaksud bertujuan untuk; untuk mewujudkan kesejahteraan dan ketahanan pangan bagi ASN berkualitas dengan harga yang terjangkau dan mudah didapat; menyerap hasil dari petani, kelompok tani, gabungan kelompok tani, dan atau pengusaha pengeringan; mendukung terjaminnya ketersedian dan stabilitas harga beras, dan mendukung terkendalinya laju inflasi melalui ketahanan pangan,” bunyi Pasal 2 ayat (2) huruf, a, b, c, dan d Peraturan Bupati Sumenep ini.

Sementara menurut Pasal 3, Ruang lingkup Peraturan Bupati ini meliputi; sasaran, pelaksanaan, pendataan, kelas mutu beras dan kemasan, jumlah dan harga, pembiyaan, mikanesme pelaksanaan, monitoring dan evaluasi.

Sedangkan pada Pasal 5 disebutkan, dalam rangka pelaksanaan penyediaan beras bagi ASN Bupati akan menunjuk BUMD.

” Penunjukan sebagaimana yang dimaksud meliputi penyediaan; dan pendistribusian,” bunyi Pasal 5 ayat (2) huruf a dan b.

” Penunjukan BUMD sebagaimana yang dimaksud pada ayat (1) akan diatur lebih lanjut dengan Keputusan Bupati Sumenep dan Penyedian dan pendistribusian sebagaimana yang dimaksud pada ayat (2) dilaksanakan oleh BUMD melalui kerjasama dengan mitra lokal,” bunyi ayat (3 dan 4).

Sementara untuk melaksanakan ketentuan Pasal 5 Ayat (3) dari Peraturan Bupati (Perbup) Sumenep Nomor 64 Tahun 2021 tentang Penyediaan Beras Bagi ASN tersebut. Bupati Sumenep juga mengeluarkan Keputusan Bupati Sumenep Nomor: 188/406/KEP/435.013/2021 tentang Penunjukan Perusahaan Daerah Sumekar Kabupaten Sumenep Sebagai Penyedia dan Pendistribusian Beras Petani Lokal Bagi Aparatur Sipil Negara di Kabupaten Sumenep.

Dalam Keputusan tersebut, Bupati Sumenep memutuskan.

Menetapkan:, menunjuk Perusahaan Daerah (PD) Sumekar sebagai penyedia dan pendistribusian beras petani lokal bagi Aparatur Sipil Negara di Kabupaten Sumenep. (tiem/qib)