Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Inovatif Giatkan Program Gemar Membeli Produk UMKM

Sumenep, Jatim| suaranasionalnews.co.id Sebagai bentuk inovasi dalam peningkatan ekonomi Kabupaten Sumenep setelah dilanda pendemi Covid 19, Bupati Sumenep Achmad Fauzi menggiatkan program ‘gemar membeli produk UMKM’.

Tujuan utama dari program tersebut adalah peningkatan nilai jual beli ditengah masyarakat, dengan membeli produk-produk usaha yang ada di Kabupaten Sumenep.

Tanpa adanya kerja sama baik dari pihak pelaku usaha sekala kecil maupun menegah, pemerintah akan menggalakan program gemar membeli produk lokal.

“Produk lokal seperti Batik tulis, olahan makanan, souvenir, jamu tradisional bahkan sampai pakaian. Jika ini terlaksana dengan baik dan benar, maka pemulihan ekonomi di Kabupaten Sumenep akan mulai membaik,” ungkapnya, Senin (1/03/2021).

Maka dari itu, tingkat pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Sumenep akan mulai berkurang, dan perputaran ekonomi akan lebih membaik. Karena masyarakat banyak membeli kebutuhan sehari-hari itu produk UMKM.

“Jika ini tercapai maka perekonomian di Kabupaten Sumenep akan pulih, maka dari itu pemerintah akan membuka peluang bagi masyarakat untuk membuat produk-produk unggulan kebutuhan masyrakat,” ujarnya.

Selanjutnya, meningkatkan konsumsi lokal yang terkait dengan daya beli, yang juga mendorong supaya konsumsi terhadap brand lokal.

“Saya pikir anak muda sekarang sudah mulai antri memakai brand lokal, seperti konsumsi anak muda itu costume, saya kira ini peluang yang bagus menguntungkan bagi bagi pelaku UMKM,” ungkapnya.

Kemudian digitalisasi UMKM untuk memperluas online marketplace, dan pasar offline melalui optimalisasi, Bandara, Rest Area, pusat perbelanjaan, pasar malam dan revitalisasi pasar rakyat untuk produk UMKM.

Pihaknya pun juga akan, mengembangkan lima destinasi unggulan di setiap wilayah, yakni sektor unggulan, wisata alam, kuliner, suvenir dan pelayanan sumber daya manusia. (And, Tiem)