Tingkatkan Capaian Desa Mandiri, DPMD Sumenep Gelar Raker Bupati Bersama Pemangku Desa

Sumenep, Jatim|suaranasionalnews.co.id Pemkab Sumenep melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) gelar Raker Bupati bersama Camat, pendamping desa dan kepala desa (Kades) se-kabupaten Sumenep, di Gedung Korpri. Jum’at, 02/12/2022.

Tujuan utama dalam Raker tersebut adalah untuk jalin silaturahim dan mempererat sinergitas antara Pemkab dengan Pemdes ataupun pada pihak lainnya yang ada di daerah, serta satukan persepsi bersama – sama meningkatkan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Pantauan di lokasi, rapat kerja bupati dengan tematik sinergitas pemerintah daerah dan desa dalam upaya peningkatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang diselenggarakan oleh DPMD Kabupaten Sumenep berjalan lancar dan sukses.

Anwar Syahroni Yusuf, AP, M.Si, Kepala DPMD Kabupaten Sumenep menjelaskan pada tim media ini, pelaksanaan Raker ini dalam rangka untuk sinergitas pemerintah daerah dengan desa. “Dimana desa itu juga memiliki kemandirian untuk membuat program. Misalnya untuk mendukung program-program yang berkaitan dengan kondisi inflasi kemudian ketahanan pangan,” ujarnya.

Sehingga dengan adanya rapat kerja yang diselenggarakan mendorong pemerintah desa juga membuat program-program prioritas memperhatikan hal-hal itu. “Sehingga desa itu dapat mendorong ekonominya,” tutur Anwar Syahroni.

Kepala DPMD Sumenep ini menambahkan dalam rapat kerja bupati yang dilaksanakan juga untuk menstimulasi agar keberadaan jumlah desa mandiri di ujung timur pulau Madura semakin bertambah.

“Berharap untuk desa mandiri saat ini yang masih berjumlah 7 di kabupaten Sumenep untuk tahun-tahun berikutnya semakin bertambah,” kata Anwar Syahroni.

Dengan harapan desa-desa mandiri tumbuh di semua wilayah kecamatan kabupaten Sumenep yang saat ini (tahun 2022) masih ada 7 desa mandiri.

Dirinya juga sangat bersyukur atas adanya peningkatan jumlah Desa Mandiri di Kabupaten Sumenep. Untuk tahun 2021 silam hanya satu, dan di 2022 ada peningkatan 6 desa yang telah berkategori Desa Mandiri.

“Alhamdulillah untuk tahun 2022 ini untuk katagori desa mandiri sudah ada 7 desa yang sebelumnya masih 1 desa di tahun 2021,” tuturnya.

Pihaknya juga berharap kedepan melalui rapat bupati bersama camat dan pendamping desa dan kepala desa se kabupaten Sumenep memiliki perspektif yang sama dalam rangka mendukung program-program untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di desa.

“Harapan kami dengan adanya kegiatan ini kedepan kita semua sudah memiliki pikiran yang sama memajukan desa untuk mensejahterakan masyarakat desa,” harap Kepala DPMD Sumenep Anwar Syahroni.

Pihaknya memaparkan dalam kegiatan ini sengaja mengundang kepala desa se-kabupaten Sumenep karena dianggap memiliki peranan penting dalam membuat program-program kemajuan di desa. Sehingga juga diharapkan eksistensi jumlah desa mandiri di kabupaten Sumenep terus bertambah.

“Dan harapannya setiap tahun di kabupaten Sumenep terus bertambah untuk keberadaan desa-desa mandiri,” pungkas Kepala DMPD Sumenep Anwar Syahroni.

Sekedar di informasikan, dalam Raker tersebut juga dihadiri oleh semua Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep, dan segenap anggota dari Forkopimda Sumenep. (And, Tiem)