Tim Diskop UKM Sumenep Verifikasi Ulang 1590 Lembaga Koperasi

Sumenep – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Sumenep bertekad untuk menjadikan Hari Koperasi Nasional ke 72 sebagai momentum perombakan total, penertiban terhadap ribuan koperasi yang ada di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Hal tersebut diungkap oleh Fajar Rahman, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Sumenep, pihaknya menargetkan dalam tahun 2019 proses penertiban bisa berjalan minimal 50 persen. Selasa 16/07.

Sesuai data yng dimiliki Diskop dan UKM Sumenep, ada 1590 lembaga koperasi yang beroperasi di wilayah Kabupaten Sumenep, dan dengan banyaknya lembaga yang harus di verifikasi, maka pihak Diskop telah berkoordinasi dengan Dewan Koperasi Indonesia Daerah Sumenep.

“Kami telah berkoordinasi dengan Dekopinda Sumenep untuk lakukan verifikasi pada 1590 lembaga koperasi yang ada di Kabupaten Sumenep,” ungkapnya.

Tim verifikasi Diskop dan UKM, akan melakukan pengecekan terhadap kelengkapan berkas, Neraca Keuangan serta struktur kepengurusan dari koperasi tersebut.

“Kami akan periksa SIUP, TDP, dan NPWP nya. Begitu pula Neraca Keuangan dan struktur kepengurusan. Lucu kan jika dalam satu lembaga hanya ada dua anggota dan tidak memiliki Neraca,” pungkasnya.

Bukan itu saja, Fajar juga akan menindak tegas para rentenir yang beroperasi mengatasnamakan sebagai lembaga koperasi. Pihaknya akan merangkul sejumlah instansi terkait yang kompeten dalam urusan ranah hukum.

“Untuk mengatasi praktek rentenir berkedok koperasi, kita telah bekerja sama dengan kepolisian ataupun kejaksaan untuk mengatasi hal tersebut. Secara tidak langsung praktek rentenir telah meresahkan masyarakat,” tegasnya.

Masih menurut Fajar Rahman, untuk kedepannya Diskop dan UKM akan mengedepankan kualitas daripada kuantitas. Ikut andil dalam segala program kegiatan visit yang ada di Kabupaten Sumenep.

“Kami akan mengejar kualitas, percuma banyak lembaga koperasi namun tidak bermanfaat terhadap masyarakat luas, serta akan melibatkan UKM dalam setiap kegiatan visit yang ada,” tambahnya. (and, riel)