Pamekasan – Menyikapi sering nya terjadi keterlambatan pada proses pelayanannya, pihak Kantor Imigrasi kelas III Non TPI Pamekasan, Madura, Jawa Timur melalui Usman, SH. M.Hum Kepala Kantor, mengakui memang ada sedikit kendala dalam entri data servernya. Kamis 04/07.
Sejak baru dibangun, tepatnya pada tahun 2006 silam, baru pada tahun 2019 pihak Kantor Imigrasi kelas III Non TPI Pamekasan mulai lakukan pembenahan. Ada perubahan dalam pengoperasian sistem yang baru hingga mengharuskan pihaknya kembali melakukan evaluasi terhadap sistem.
“Sejak tahun 2006, baru tahun ini kita lakukan pembenahan sistem. Jadi butuh sedikit waktu untuk mengevaluasi sistem operasi yang baru,” Ujarnya.
Selain itu proses penyalinan data dari sistem yang lama ke sistem yang baru juga menjadi faktor penyebab lambannya kinerja Kantor Imigrasi kelas III Pamekasan.
“Kita juga tengah melakukan pemindahan data, dari server lama ke yang baru. Tapi masyarakat tidak perlu khawatir, kita tetap melakukan pelayanan sekalipun mungkin belum maksimal,” Imbuhnya.
Pihaknya juga mengakui, ketidaknyamanan tersebut kerap dimanfaatkan oleh pihak tertentu, misalkan praktek calo, dan untuk mengantisipasi masalah tersebut pihaknya telah menerapkan sistem antrian langsung.
“Jadi bagi yang tidak berkepentingan tidak bisa masuk dalam antrian, dengan sistem yang baru data para pemohon bisa terpindai cukup dengan menunjukkan KTP nya,” Tutupnya. (Yunk)