Siap Melaksanakan Tugas, Puluhan Anggota Paskibraka Sumenep di Kukuhkan Bupati

Sumenep – Setelah sebelumnya mengalami tempaan dari Tim Pelatih Paskibraka Sumenep yang terdiri dari jajaran TNI, Polri dan Paripurna Paskibraka Indonesia (PPI) Kab. Sumenep, 74 orang anggota Paskibraka dianggap telah siap dan dikukuhkan sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Kabupaten Sumenep Tahun 2019. Kamis 15/08.

Bertempat di Pendopo Agung Keraton Sumenep, Bupati Sumenep Dr. Kh. A. Busyro Karim M.Si bertindak sebagai pembina upacara, sedangkan untuk pemimpin upacara didaulatkan pada Alif Ragil P, salah satu anggota dari Paskibraka Sumenep.

Bupati Sumenep dalam amanatnya menjelaskan, Upacara 17 Agustus merupakan simbol hakiki penghormatan kita, meletakan Sang Saka Merah Putih pada tempat yang terhormat. Para pendahulu dengan penuh semangat dan sukarela mengorbankan jiwa dan raganya untuk NKRI,

“Jutaan ribu jiwa pejuang, bahkan mungkin lebih, mereka dengan penuh semangat dan rela menyerahkan jiwa raga demi kemerdekaan NKRI,” ujarnya.

Ia juga menegaskan, untuk menjadi bangsa yang besar, tidak cukup hanya dengan memiliki generasi muda yang cerdas dan pintar saja. Para generasi muda harus memiliki spirit nasionalisme dan patriotisme yang kuat.

“Generasi muda Indonesia harus memiliki jiwa nasionalis layaknya para pejuang saat memperebutkan kemerdekaan NKRI. Dengan banyaknya kemudahan dalam mendapatkan informasi, teknologi, tidak menutup kemungkinan identitas kebangsaan akan tereduksi oleh berbagai macam paham negatif, termasuk radikalisme dan terorisme,” pungkasnya.

Ditekankan pula, generasi muda Indonesia harus semangat untuk belajar dan terus belajar. Manusia Indonesia harus punya hasrat untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Selagi masih muda, teruslah untuk berkarya nyata. Pelajarilah sejarah, saat dewasa semangat untuk mengukir sejarah dan setelah kita meninggal, nama kita abadi terpatri dalam sejarah,” tandasnya.

Di kesempatan itu pula, Dandim 0287 Sumenep, Letkol Inf. Ato Sudiatna menambahkan pada media ini, jiwa nasionalisme generasi muda Indonesia harus dibangkitkan kembali. Generasi muda merupakan benteng bagi negara untuk menangkal berbagai paham yang tidak sesuai dengan ideologi Bangsa Indonesia.

“Para pemuda merupakan benteng awal dalam menangkal berbagai paham yang mengancam Keutuhan NKRI. Perjalanan mereka masih panjang, dan harus dibekali dengan hati tulus dan tekat kuat untuk menjadikan bangsa Indonesia Maju, unggul dan memiliki daya saing tinggi,” pungkas Dandim.

Terpantau di lokasi, Upacara Pengukuhan Paskibraka Sumenep 2019 dihadiri oleh segenap anggota Forkopimda Sumenep, Sekretaris Daerah Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, M.Si, Kapolres Sumenep, AKBP Muslimin, S.Ik, Kajari Sumenep, Bambang Panca Wahyudi Hariyadi, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Sumenep, Ahmad Bukhori, SH. MH, Ketua DPRD Sumenep, H. Herman Dali Kusuma, SH. MH, Pelatih Paskibraka Sumenep yang terdiri dari TNI, Polri dan Paripurna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Sumenep, 74 orang anggota Paskibraka Kab. Sumenep dan ratusan tamu undangan lainnya. (and/pendim)