Setdakab Sumenep, Bagi Yang Tidak Terima Hasil Pilkades Serentak 2019 Silakan ke PTUN

Sumenep, Jatim – Pemkab Sumenep telah memastikan, dalam pertengahan bulan Desember nanti akan melantik 226 Cakades terpilih hasil Pilkades serentak 2019.

Mengutip dari pemberitaan sebelumnya (15/11), Moh Ramli, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep menyampaikan pelaksanaan Pilkades Serentak 2019 Kab. Sumenep berjalan sukses tampa ada kendala berarti.

Dan mengacu pada Perbup Nomor 54 Tahun 2019, pengesahan Cakades terpilih paling lambat 30 hari dari pelaksanaan pemungutan suara.

“Pelaksanaan Pilkades Serentak 2019 Kabupaten Sumenep berjalan sukses, dan sesuai dengan Perbup nantinya di pertengahan Desember 2019 bupati akan lantik 226 Cakades terpilih,” ungkapnya.

Menanggapi adanya sejumlah masalah di lapangan terkait pelaksanaan Pilkades Serentak 2019, Sekretaris Daerah Sumenep Ir. Edy Rasyadi M. Si menegaskan, dalam waktu dekat akan dilakukan pelantikan pada Cakades terpilih. Hal tersebut merupakan suatu keharusan, tidak ada alasan bagi Pemkab untuk menunda apalagi sampai tidak melantik Cakades terpilih. Kamis 21/11.

“Sekalipun ada sejumlah pihak yang tidak terima atas hasil Pilkades 2019, namun Pemkab akan terus melakukan pelantikan pada semua Cakades terpilih. Jika tidak dilakukan pelantikan, secara hukum maka kita yang salah,” ungkap nya.

Ia juga mengatakan, ada jalur yang bisa ditempuh bagi mereka, pihak yang merasa dirugikan dalam pelaksanaan Pilkades serentak 2019 untuk keadilan. Salah satunya adalah dengan ajukan laporan pada Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

“Jika ada yang merasa dirugikan, silakan ajukan langsung ke PTUN,” tegas Edy. (And)