Rokat Tasek 2019 Kabupaten Sumenep Akan Dihadiri Oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI

Sumenep, Jatim – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Dinas Perikanan akan menggelar Festival Rokat Tasek Akbar 2019, rangkaian event Visit Sumenep 2019 tersebut bakal digelar Hari Minggu tanggal 24 November 2019 di Pelabuhan Perikanan (PPI) Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Diinformasikan Rokat Tasek itu merupakan kekayaan tradisi lokal masyarakat nelayan dan masuk bagian dari sejarah nusantara termasuk juga di Kabupaten paling ujung pulau madura.

Moh. Ibnu Fajar, Kabid Pemberdayaan Nelayan Kecil, Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep menuturkan, Festival tersebut sebenarnya merupakan tradisi lokal masyarakat pesisir yang notabeni berprofesi sebagai Nelayan. Dan sesuai rencana, Festival Rokat Tasek 2019 akan dibuka langsung oleh Bupati Sumenep, dan akan dihadiri juga oleh pejabat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

“Rokat Tasek sebenarnya merupakan budaya lokal masyarakat pesisir di Kabupaten Sumenep, dan nantinya akan dibuka langsung oleh bupati. Serta dihadiri juga oleh pejabat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia,” pungkasnya. Jum’at 22/11.

Menurutnya lagi, festival tersebut bakal dimeriahkan dengan berbagai macam pementasan, mulai dari yang bernuasa keagamaan, hiburan, budaya hingga bakti sosial. Diantaranya ada khatmil Al-Qur’an, musik tong-tong, saronen, tari topeng, sandur, macopat hingga bersih-bersih pantai.

“Pada malam hari sebelum kegiatan akan dilaksanakan Khamil Quran, kemudian Minggu paginya Bupati Sumenep serta tamu undangan bakal mengikuti Festival rokat tasek warisan budaya lokal itu. Nanti ketika para tamu dan pejabat Forkopimda datang kami sudah siapkan musik tongtong ul-daul dan tari-tarian untuk mengiringi dan melihat kuliner tradisional khas pesisir,” jelasnya.

Fajar menambahkan, dalam rangkaian kegiatan rokat tase’ tersebut juga akan dilakukan pemberian beberapa bantuan khusus masyarakat nelayan.

“Dalam acara itu kami juga akan menyerahkan sejumlah bantuan, seperti; asuransi, pemberian Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka), Kartu Pas Kapal dan sebagainya,” terang Fajar panjang lebar. (And)