Peran Aktif Pengawasan Monitoring Danramil 0827/23 Giligenting

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idKoramil merupakan satuan teritorial TNI Angkatan Darat yang berada di tingkat Kecamatan yang langsung berhubungan dengan masyarakat dibawah kendali Kodim, hal tersebut disampaikan Danramil 0827/23 Giligenting Kapten Inf Agung Muhaimin saat meninjau langsung pelaksanaan monitoring evaluasi pembangunan dana desa, Rabu (21/09/2022)

“Pembangunan desa merupakan faktor utama kemajuan suatu daerah, apalagi sejak digulirkan Dana Desa (DD) oleh pemerintah pusat dimana desa dapat menentukan sendiri pembangunan yang akan dibangun bagi kepentingan warga desa tersebut”, ucap Danramil.

” Hari ini kami bersama Tim Monitoring dan evaluasi (Monev) kecamatan Giligenting kabupaten Sumenep melaksanakan kegiatan di desa Gedugan dan Desa Aenganyar Kecamatan Giligenting Kabupaten Sumenep”, sambungnya.

Bapak Camat Giligenting ABD Sa’id S.sos.I.M.Si. menerangkan bahwa pembangunan di desa dapat dilaksanakan setelah melalui proses Musyawarah Desa (Musdes) dan dilanjutkan Musrenbang tingkat Kecamatan dan Kabupaten.

“Usulan dari tingkat Dusun atau kampung disampaikan pada kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) yang kemudian hasil dari musrenbangdes dibawa ke tingkat kecamatan”, terangnya.

Lebih lanjut bapak Camat menyampaikan, Dalam pelaksanaan pembangunan menggunakan DD harus mendapatkan pengawasan dari berbagai pihak sehingga tidak terjadi kekeliruan dan kesalahan baik secara administrasi maupun tahapan pembangunan.

“Seperti halnya yang sedang kita lakukan seperti saat ini bersama Muspika, untuk monitoring dan evaluasi pengelolaan keuangan desa tahun anggaran 2022 sudah sejauh mana pengerjaan yang sedang dikerjakan”, pungkasnya. (Pendim 0827/Sumenep)