Pemkab Sumenep Raih Penghargaan KLA

Sumenep – Pada momentum Perayaan Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli kemarin, Kabupaten Sumenep meraih penghargaan sebagai Kota Layak Anak (KLA) pratama tahun 2019.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Ibu Yohana Susana Yembise dalam acara Malam Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak di Hotel Four Points Makasar, Sulawesi Selatan, yang diterima langsung oleh Bupati Sumenep Dr. KH. A. Busyro Karim.

Bupati Sumenep Dr. KH. A. Busyro Karim, Menyampaikan bahwa “Kabupaten Sumenep yang sekarang menyandang predikat Kota Layak Anak terus berupaya melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) dengan meningkatkan fasilitas untuk anak.”

Hal ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Sumenep dalam memenuhi hak anak mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, fasilitas ruang bermain serta berbagai akses untuk menunjang hak-hak anak.

“Saya pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Sumenep mengucapkan sukses dan terima kasih kepada semua pihak atas perjuangan ini. Ini merupakan titik awal kita untuk mempersiapkan kedepan bagaimana pelayanan kepada anak.” Pada 2020 mendatang, Kabupaten Sumenep bertekat menargetkan Kota Layak Anak agar bisa naik satu level menjadi predikat Madya.

Dan itu bisa berhasil apabila dukungan dan sinergitas antara pemerintah daerah, DPRD, lembaga perlindungan anak dan perempuan, stakeholder serta masyarakat terus ditingkatkan,” pungkasnya.

Perlu diketahui, Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak tiap tahun memberikan penghargaan kepada kota/kabupaten layak anak. Ada beberapa predikat penghargaan kota/kabupaten layak anak.

Tahun ini terdapat 432 kabupaten/kota yang mengikuti proses penilaian dan hanya 247 kabupaten/kota yang mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak (KLA) pada empat kategori yaitu Utama, Nindya, Madya dan Pratama. (humas/and)