Nyi Eva Optimis Produk Lokal Sumenep Mampu Tembus Pasar Internasional

Sumenep, Jatim – Kamar Dagang dan industri (KADIN) Kabupaten Sumenep gelar Musyawarah Kabupaten (MUSKAB) guna merumuskan langkah apa saja yang akan diterapkan untuk mengangkat produk lokal ke tingkat nasional bahkan internasional. Di Aula Hotel Utami, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Selasa 26/11.

Dalam kegiatan Muskab yang bertajuk ‘Bersama kembangkan potensi lokal, gerakkan perekonomian masyarakat’, tampak dihadiri oleh Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Ketua KADIN Kabupaten Sumenep Hj. Dewi Khalifah, S.H., M.H., Wakil Ketua Umum Kadin Jatim Bidang Agrobisnis, Adik Dwi Putranto S.H., Ketua MUI Kabupaten Sumenep, Bank Jatim, Bank BPRS, sejumlah Kepala OPD, serta peserta musyawarah yang juga merupakan calon pengurus Kadin Sumenep.

Pada pemaparan yang dilakukan oleh Ketua Kadin Sumenep Hj. Dewi Khalifah SH. MH., atau yang lebih dikenal dengan panggilan Nyi Eva menjelaskan, pihaknya akan semaksimal mungkin untuk membantu para pengusaha untuk mengembangkan segala potensi yang ada di Kabupaten Sumenep, baik potensi yang ada di laut maupun yang lainnya.

“Kita akan terus membantu untuk mengembangkan potensi yang ada di Kabupaten Sumenep, dan saat ini kita telah mengcover 54 pengusaha yang dalam waktu dekat akan bergabung bersama Kadin Kab. Sumenep,” ungkapnya.

Nyi Eva menerangkan pula, ada permasalahan yang kerap dialami pengusaha lokal Sumenep, seringkali produk lokal Sumenep kehilangan brand saat berada di luar daerah. Dicontohkannya pada produk keripik singkong putih, produk asli Sumenep tersebut akan berubah nama ketika telah berada di luar Kabupaten Sumenep.

“Misalnya produk keripik singkong putih, brand dari produk tersebut akan berubah ketika sudah berada di luar Kabupaten Sumenep,” tuturnya.

Kadin Kabupaten Sumenep harapkan, untuk kedepannya produk lokal Sumenep harus mampu menembus pada tingkat internasional. “Kita menargetkan produk lokal bisa dikenal secara luas, dengan strategi yang matang, terus berinovasi dan management yang tepat, target untuk tembus ke tingkat internasional insyaallah bisa terlaksana,” pungkasnya.

Achmad Fauzi SH., Wakil Bupati Sumenep, dukung penuh langkah-langkah yang telah dilakukan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Sumenep dalam upayanya untuk mengembangkan produk lokal dan menggerakkan perekonomian masyarakat.

Wabup menilai langkah Kadin untuk target capaian Internasional sangatlah ekspresif, dan bisa saja terjadi dalam waktu dekat ini. “Seminggu yang lalu sudah ada investor asing yang datang kesini untuk menanamkan modal. Seperti investor dari Cina, Hongkong, dan Australia,” ujarnya.

Ia sangat harapkan Kadin Sumenep pro aktif untuk membantu segala kebutuhan investor dalam mengurus segala perijinan usahanya.

“Dengan adanya investor luar negeri yang telah masuk, ditargetkan mampu mengangkat perekonomian masyarakat setempat,” tandas Wabup Fauzi. (And)