Masyarakat Desa Ambunten Tengah Resah, Penambang Batubata Putih Ilegal Makin Merajalela

Sumenep, Jatim| suaranasionalnews.co.id Banyak warga yang mengaku resah, mulai khawatir atas makin maraknya kegiatan Penambangan Batu Putih yang dilakukan secara liar pada sejumlah wilayah di Desa Ambunten Tengah, Kecamatan Ambunten, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Diungkapkan oleh Ahmadi, salah satu tokoh masyarakat setempat yang juga aktif di LSM Duta Corruption Watch (DCW), saat ini di Desa Ambunten Tengah ada sekitar 50 lokasi tambang batu putih ilegal yang setiap harinya rutin beroperasi. Dan ironisnya tidak ada petugas, baik dari aparat pemerintahan ataupun penegak hukum yang bertindak untuk lakukan penertiban.

“Ada sekitar 50 lokasi yang dijadikan tambang batu putih ilegal. Mereka tiap hari terus menambang tampa hiraukan kondisi lingkungan, dan parahnya lagi tidak ada pihak yang melakukan penertiban,” ujarnya.

Ahmadi sangat berharap, pihak-pihak terkait harus cepat bertindak, karena kondisi areal tambang makin hari makin membahayakan, baik bagi pekerja tambang ataupun pada masyarakat sekitarnya. Bahkan ada beberapa tambang yang lokasinya tepat berada di bibir jalan umum, hanya berjarak sekitar 30 sampai 50 CM dari jalan umum.

“Hampir semua para pekerja tidak memperhatikan faktor keselamatan kerja, jika tidak dilakukan tindakan apapun oleh pihak terkait, dikhawatirkan akan terjadi hal yang tidak kita inginkan semua. Belum lagi dengan kondisi lingkungan areal tambang yang makin memprihatinkan, hanya menyisakan jurang bekas galian tambang dengan kedalaman puluhan meter,” terang Ahmadi panjang lebar. (And, Nur)