Maksimalisasi Kinerja, Satgas CERDIK Sulap Areal Dinkes Jadi Posbindu PTM

 

Sumenep, Jawa Timur

Dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan yang promotif dan preventif, meningkatkan derajat kesehatan dan mencegah terjadinya penyakit. Untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan tersebut maka dilakukanlah upaya dengan CERDIK.
Seperti yang terlihat di areal pintu masuk Kantor Dinas Kesehatan Sumenep, sejumlah petugas Cerdik menyulap areal tersebut menjadi Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) PTM dan melakukan pelayanan cek kesehatan terhadap masyarakat. Kamis 11/07.
Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Agus Mulyono menjelaskan program tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat untuk mendeteksi secara dini kemungkinan adanya penyakit dalam tubuhnya. Dengan begitu maka masyarakat bisa secepatnya menindak lanjuti penanganan kesehatan yang tepat.
“Dengan Cerdik, masyarakat akan bisa mengetahui dan mengantisipasi secara dini adanya penyakit di dalam tubuhnya,” ujarnya.
Agus juga menerangkan, CERDIK sendiri memiliki arti Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin melaksanakan aktivitas fisik/olahraga, Diet sehat dengan kalori berimbang, Istirahat yang cukup, Kelola tingkat stress. Dengan menerapkan Cerdik dalam kehidupan sehari-hari akan bisa meningkatkan derajat kesehatan secara promotif dan preventif.
“Dengan menerapkan pola hidup CERDIK, maka bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara promotif dan preventif,” terangnya.
Guna memaksimalkan tersampaikannya program tersebut ke masyarakat, pihak Dinkes menggencarkan Posbindu PTM disetiap kesempatan.
“Kita akan melaksanakan Posbindu PTM secara rutin pada lokasi yang memungkinkan, bisa pada saat CFD, ataupun di event event kegiatan Pemkab yang menyerap perhatian banyak masyarakat,” tambahnya. (Dhrey)