Kembali Toreh Prestasi, Desa Aeng Tong – Tong Sabet Juara Pertama ADWI 2022 di Kategori Daya Tarik Pengunjung

Sumenep, Jatim|suaranasionalnews.co.id Menjadi kado istimewa bagi Kabupaten Sumenep saat merayakan Hari Jadi ke 753, salah satu desa wisatanya berhasil menyabet juara 1 pada ‘Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Minggu, 30/10/2022.

Mohamad Iksan, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep menjelaskan pada tim media ini, Desa Aeng Tong-Tong, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep toreh prestasi, berhasil mengalahkan ribuan desa wisata lainnya dan dinobatkan sebagai juara pertama untuk ‘Kategori Daya Tarik Pengunjung’.

“Desa Aeng Tong-Tong ini punya keunikannya tersendiri, salah satunya menjadi desa yang memiliki empu atau pengrajin keris terbanyak tidak hanya se Kabupaten Sumenep, bahkan skala nasional dan internasional,” pungkasnya Iksan..

Selain itu, Desa Aeng Tong – Tong, yang kini mendapat julukan sebagai ‘Negerinya Para Empu’ juga sabet penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri). Sebab terdata sebagai tempatnya para empu. Saat ini ada 600 empu atau pengrajin keris yang ada di Desa Aeng Tong-Tong.

Ditegaskan olehnya lagi, sebenarnya Disbudporapar Sumenep mengusulkan beberapa desa wisata lain untuk di ikut sertakan pada ADWI 2022, diantaranya Desa Semaan dan Pulau Giliyang.

“Setelah dilihat dan dipantau, Desa Aeng Tong-Tong masuk 500 besar secara nasional, kemudian 100 besar, 50 besar masih masuk, 10 besar juga masih masuk, akhirnya kami pameran di Jakarta sebelum dinobatkan menjadi juara 1 kategori Daya Tarik Pengunjung,” tambahnya.

Pencapaian tersebut patut untuk diapresiasi, jadi kebanggaan tersendiri bagi seluruh masyarakat Sumenep. “Alhamdulillah dukungan dan dorongan dari masyarakat cukup menggembirakan. Menteri Sandiaga Uno tampak terkesan saat berkunjung dan melihat secara langsung proses pembuatan keris di Desa Aeng Tong – Tong,” tutup Iksan. (And)