K31W Gunung Katun Tanjungan Layli Sukseskan Ekonomi Tiyuh

Tubaba| suaranasionalnews.co.idPemerintah Tiyuh (Desa) Gunungkatun Tanjungan, Kecamatan Tulangbawang Udik, Kabupaten Tulangbawang Barat, Lampung sukses membangun kebun inovasi sejak 2022 lalu.

Kebun tersebut dibangun dalam rangka mendukung program Kandang, Kebun, Kolam Wisata (K31W) yang digalakan pemerintah daerah setempat.

“Sejak ditetapkannya 20 persen anggaran Dana Desa (DD) diperuntukkan untuk ketahanan pangan, kami berinovasi mengelola kebun sayuran dengan membudidayakan terong, tomat, bersama aparatur tiyuh dan para ibu-ibu PKK,” (17/02/2023).

Selain sayuran, pemerintah tiyuh juga membuat kolam lele.

“Untuk mendukung program K31W, anggaran ketahanan pangan Tiyuh Gunungkatun Tanjungan juga digunakan untuk membangun jembatan dan jalan usaha tani,” ujarnya.

Kebun inovasi tersebut terbukti berhasil mendongkrak perekonomian tiyuh.

Mulai tahun ini pemerintah tiyuh mulai melirik warga dengan cara memberikan bibit dan pupuk gratis ke rumah-rumah warga.

“Tahun ini kita wajibkan setiap warga Gunungkatun Tanjungan menanam sayuran seperti terong, rampai, timun dan cabai di pekarangan rumah masing-masing. Bibitnya kita berikan secara gratis. Tujuannya, selain untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari kita harapkan dapat meningkat penghasilan ekonomi masyarakat itu sendiri nantinya,” ucapnya

Saat ini kata dia, dari hasil panen kebun tersebut telah terjual keluar daerah.

“Dari Jakarta sering pesan, satu minggu sekali kita lakukan pengirimannya. Kalau untuk wilayah Tulangbawang Barat memang sudah banyak rumah makan yang menjadi langganan kita,” terangnya. (Jun)