Guna Memaksimalkan Kinerja Aparatur Pemerintahannya, Bupati Pamekasan Launching Program Inovasi Terintegrasi Satu Data

Pamekasan, Jatim| suaranasionalnews.co.id Pemerintah Daerah Kabupaten Pamekasan Launching Program Terintegrasi Satu Data. Kegiatan tersebut dipusatkan di Mandhepa Aghung Pendopo Ronggosukowoti, Pamekasan, Jawa Timur. Selasa (15/12/2020) Pagi.

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengutarakan bahwa, Program data merupakan modal utama keberhasilan perencanaan pembangunan suatu daerah. Sebab pola data itu memiliki fungsi yang sangat penting bagi kinerja dan kelancaran kerja terutama dalam kinerja instansi pemerintah setempat.

“Oleh sebab itu, penyusunan data yang baik sangat dibutuhkan, agar dapat membantu para pimpinan daerah dan perangkat daerah dalam menyusun rencana kerja dalam mengambil keputusan,” ujarnya pada media.

Ra Baddrut juga menekankan juga bahwa dalam kebijakan pembangunan daerah, masalah yang selama ini adalah soal data. Karena dari data yang tersebar di setiap organisasi perangkat daerah atau dalam proses data, yakni perangkat daerah harus memenuhi permintaan data yang sama dan berkelanjutan.

Selain itu juga permasalahan data adalah data yang selisih dan data yang berbeda. Misalnya data terkait dengan jumlah penduduk miskin, sehingga pada saat pemberian bantuan sosial seringkali tidak tepat sasaran dan selalu ada masalah di lapangan ketika pelaksanaan.

“Nah, dengan adanya satu data terpadu di Kabupaten Pamekasan nantinya menciptakan data yang valid, sehingga dapat merencanakan pembangunan dengan baik, termasuk data sektoral yang dihasilkan oleh Pemerintah Kabupaten Pamekasan,” tambahnya.

Dengan demikian, harapannya yakni data yang tersaji akan selalu up to date dan akurat. Bahkan lebih cepat dalam proses pemutakhiran data yang terintegrasi lengkap, sehingga handal dan mudah diakses bagi pihak yang akan gunakan dan membutuhkan nantinya.(yunk)