DPMD Sumenep Gelar Rakor TIK II Thn. 2019

Sumenep, Jatim| suaranasionalnews.co.id Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Inovasi Kabupaten (TIK) ke-2 tahun 2019, yang diselenggarakan di salah satu hotel di Sumenep, Rabu (11/12/2019) malam.

Kepala DPMD Kabupaten Moh Ramli dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa dengan dilakukannya kegiatan ini sebagai upaya terus melakukan koordinasi dan sinkronisasi penyelenggaraan kegiatan inovasi serta mengembangkan potensi-potensi desa. Baik itu inovasi-inovasi di bidang wisata desa, serta yang mengarah pada produk-produk unggulan.

Ramli melanjutkan, bahwasanya saat ini khususnya di kabupaten Sumenep sudah sangat terasa dampak dan manfaatnya dari inovasi desa tersebut. Karena apalagi, di bursa inovasi desa ini terdapat pertukaran-pertukaran informasi untuk mengetahui potensi-potensi desa yang dimiliki.

“Tentunya aplikasinya tidak harus sama, tapi melainkan menyesuaikan dengan potensi desa masing-masing,” terangnya.

Menurut Ramli, sebagai contoh saat ini yang sudah berhasil melakukan inovasi desa, seperti di Desa Panaongan, Kecamatan Pasongsongan.

“Di Desa Panaongan ini sudah memiliki Bumdes yang sudah bermitra dengan wisata alam Goa Soekarno. Termasuk juga masih banyak lagi Desa-desa lainnya,” jelasnya.

Dijelaskan juga, Rapat Koordinasi Inovasi Desa tersebut dengan diikuti sebanyak dua perwakilan dari setiap masing-masing kecamatan yang menjadi pendamping inovasi desa.

“Serta untuk semakin mematangkan kepada para peserta, kegiatan ini digelar selama tiga hari, mulai hari ini hingga Jum’at nanti tanggal 13 Desember 2019,” pungkasnya. (And, Yas)