DPMD Sumenep Gelar Bimtek Profil Desa 2019

Sumenep – Bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh pendamping tentang bagaimana sistem pendataan Profil Desa di Kabupaten Sumenep ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar bimbingan teknis terkait profil Desa tahun 2019. Rabu 25/09/2019.

Mengambil lokasi di Hotel Utami Sumenep, kegiatan tersebut diagendakan akan berlangsung selama 4 hari sejak hari Selasa tertanggal 24 Sep. 2019 s/d Jum’at 27 Sep. 2019.

Sedangkan untuk pesertanya sendiri, merupakan pendamping profesional mulai dari tenaga ahli Kabupaten, Pendamping Desa, Pendamping lokal Desa.

Kepala DPMD Sumenep, M. Ramli mengatakan, sebanyak 334 desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Sumenep memiliki berbagai potensi berbeda-beda, dan sangat penting untuk dikembangkan dan ketahui oleh khalayak masyarakat.

“Dengan adanya profil setiap desa di Sumenep nanti kita dapat mengetahui apa saja potensi yang ada di setiap daerah, sehingga apabila nanti ada program yang berhubungan dengan salah satu daerah, nanti kita dengan mudah mengarahkan dan memberikan acuan bagaimana membangun daerah itu agar lebih maju,” jelasnya.

Sedangkan untuk target penyelesaian pendataan profil desa di Kabupaten Sumenep harus selesai pada tahun ini. Dan khusus ibukota kecamatan harus selesai dalam jangka waktu 15 hari kerja, paling lambat akhir bulan Oktober nanti.

Semua aspek tak luput dalam pembahasan pada kegiatan ini. Semisal terkait Potensi Desa, SDM, letak Geografis dan perkembangan yang ada di setiap Desa serta mendata sejauh mana tingkat partisipasi masyarakat dalam ikut andil membangun Desa.

“Semua aspek sudah jadi materi dalam pembahasan ini, tinggal melihat bagaimana kinerja dari para pendamping selanjutnya,” tandasnya. (And, Die)