Dispendukcapil Sumenep Terjun ke Lapangan Beri Layanan Pada Korban Terdampak Bencana

Sumenep, Jatim| suaranasionalnews.co.id Sebagai bentuk solidaritas terhadap masyarakat korban terdampak bencana alam angin kencang hingga puting beliung yang terjadi di Kabupaten Sumenep waktu lalu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sumenep gelar Sosialisasi Jemput Bola.

Dalam kegiatan tersebut, Dispenduk Capil mengunjungi sejumlah wilayah yang terdampak bencana, diantaranya Desa Prancak, Desa Campaka dan untuk kunjungan hari ini adalah Desa Batu Ampar, Kecamatan Guluk-guluk,

Tim Dispendukcapil yang terdiri dari Kepala Bidang Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk, Wahasah didampingi sejumlah Kasi dan Staf, beri layanan secara langsung terhadap para korban bencana puting beliung yang menerjang Darussalam Desa Batuampar, Guluk-guluk waktu lalu.

Dijelaskan oleh Ach Syahwan, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sumenep, tim Dispendukcapil tengah lakukan perekaman Kartu Identitas Anak (KIA) pada pelajar MTS Darussalam, Diagendakan untuk hari ini akan ada perekaman pada para pelajar tersebut, dan langsung diproses hingga sampai penyerahan Kartu KIA.

“Hari ini kita akan lakukan perekaman Kartu KIA di MTS Darussalam Batuampar. Dan akan diproses langsung di lokasi hingga terbit Kartu KIA bagi semua pelajar yang jadi korban puting beliung tersebut,” ujarnya.

Syahwan juga menjelaskan, di hari sebelumnya, tim Dispendukcapil juga telah gelar jemput bola di Desa Cempaka dan Prancak.

“Dalam kegiatan yang kemarin kita berikan layanan pada enam keluarga yang terdampak becana alam puting beliung, semua berkas kependudukan yang tidak dimiliki oleh mereka, dari Kartu Tanda Penduduk, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga dan sebagainya, langsung kita proses hingga selesai, guna membantu ke enam keluarga tersebut,” pungkasnya.

Ia juga menambahkan, banyak peristiwa bencana alam terjadi, dicontohkan bencana banjir di Jakarta waktu lalu. Dalam bencana tersebut semua harta benda, surat-surat penting milik warga banyak yang hilang terbawa banjir. Dan pihak Dispendukcapil Sumenep, tanggap bencana dengan program jemput bola untuk membantu masyarakat membuatkan kembali Kartu Identitas ataupun Kartu Keluarga yang hilang akibat bencana.

“Seperti halnya bencana banjir yang melanda Jakarta waktu lalu. Banyak warga yang kehilangan KTP, KK dan lain-lainnya. Kami mengantisipasi agar masyarakat terdampak bencana di Kabupaten Sumenep tidak kebingungan tentang masalah kehilangan KTP, KK dan surat penting lainnya,” imbuhnya. (And)