Dishub Prop. Jatim Kembali Sosialisasikan Kampanye Keselamatan Pelayaran

Sumenep – Dinas Perhubungan Propinsi Jawa Timur laksanakan Sosialisasi Kampanye Keselamatan Pelayaran pada segenap anggota Forkopimda Sumenep dan jajaran Dishub yang ada di Kabupaten Pamekasan dan Sumenep, Jawa Timur. Rabu 24/07.

Bertempat di ruang meeting, lantai II C1 Sumenep, kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kadishub Prop Dr. Ir. H. RB. Fattah Jasin,MS, Dishub Sumenep Muhammad Tayyib, Dishub Pamekasan Ajib Abdullah, Kepala BPBD Sumenep R. Abd. Rahman Riadi, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Kalianget Supriyanto, UPT. Pelabuhan Pengumpan Regional Banyuwangi Septianto Asmoro dan sejumlah pengurus Adpel di Sumenep Kepulauan.

Hadir pula M. Riyadi dari Basarnas Surabaya, BMKG Maritim Tanjung Perak Fajar Setiawan, jajaran Polsek, Koramil dan camat Kepulauan, serta para operator perahu kayu dari berbagai daerah.

Dalam sambutan Kadishub pro menjelaskan Provinsi Jatim mempunyai garis pantai terpanjang dibandingkan propinsi lain, sehingga Dishub Provinsi banyak perhatian terhadap laut, bahkan mentri perhubungan bersama gubenur turun langsung untuk memantau dunia kemaritiman di Jawa Timur.

“Kabupaten Sumenep mendapatkan perhatian dari Gubernur Khofifah, hingga mendapatkan subsidi ongkos angkut transportasi laut untuk perintis sebanyak 30 M oleh kapal DBS III sebagai pemenang lelang, karena ASDP Kalianget belum punya kapal sendiri sehingga memberikan kepada BMUD Kab. Sumenep dalam jasa transportasi ke wilayah kepulauan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, tim Dishub Sumenep melakukan pemaparan terkait materi Tehnis keselamatan kapal penumpang tradisional.

“Keadaan kapal sangat menunjang pada keamanan pelayaran, wajib untuk selalu di crosscheck kondisinya dan di buktikan dengan sertifikat setelah dilakukan pemeriksaan dan pengujian setiap komponen oleh pihak terkait,” tegasnya.

Kegiatan tersebut mendapatkan apresiasi dari peserta, bahkan sangat diharapkan untuk dilakukan sosialisasi kembali melalui jajaran Forkopimka yang ada di Kabupaten Sumenep. Bahkan Dandim 0827 Sumenep Ato Sudiatna menugaskan personelnya untuk turut mengikuti sosialisasi.

Menurutnya, Kampanye Keselamatan Pelayaran sangatlah penting dilakukan, sebagai upaya pemenuhan faktor keselamatan kapal pelayaran rakyat khususnya kapal penumpang mengingat terjadinya Laka Laut di perairan Madura akibat kurangnya kesadaran masyarakat tentang keselamatan pelayaran.

“Dari anggota Kodim 0827 Sumenep juga turut kami hadirkan terutama yang bertugas di kepukauan karena kegiatan ini untuk memberikan edukasi keselamatan pelayaran bagi penumpang Kapal Pelayaran Rakyat, tentunya oleh Dishub Provinsi Jatim dan mencari stockholder guna perbaikan atau evakuasi pelayaran di wilayah Kab. Sumenep,” pungkasnya. (and/pendim)