Dengan TIC Untuk Maksimalisasi Pelayanan Informasi

Sumenep – Bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan dalam penyediaan informasi tentang Destinasi Wisata pada para pelancong, Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Jawa Timur kembali membangun fasilitas TIC (Tourist Information Center).

Nantinya di Kabupaten Sumenep akan ada dua fasilitas TIC, pertama di areal Museum Keraton Sumenep dan selanjutnya di areal destinasi wisata Pantai Lombang, Desa Lombang, Kecamatan Batang-batang, kabupaten setempat.

Dikatakan oleh Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga (Pora) , yang juga sebagai Pejabat Pembuat Komitmen, Moh. Iksan S.pd pada media ini, Proyek pembangunan fasilitas TIC di Pantai Lombang telah dimulai sejak tanggal dua Juli kemaren. Rabu 24/07.

“Pengerjaan pembangunan telah start tanggal 02 Juli 2019 kemaren dan harus selesai 29 Oktober 2019 nanti. Proses sudah berjalan kisaran 10%, masih banyak waktu untuk lakukan penyelesaian,” ujarnya.

Dijelaskan pula, proyek pembangunan fasilitas tersebut menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pariwisata APBD 2019, dengan nilai kisaran 2 milyard rupiah.

“Pembangunan fasilitas menggunakan DAK Pariwisata APBD 2019 dengan kisaran 2 milyar rupiah,” ungkap Iksan.

Melengkapi gedung TIC, akan dibangun taman-taman untuk mempercantik Fasilitas TI. “Selain itu akan ada jalan setapak, areal parkir dan tidak kalah penting adalah Tower Information,” paparnya.

Iksan juga menghimbau pada pihak pelaksana proyek agar selalu bekerja dengan sebaik-baiknya. Proyek pembangunan TIC juga melibatkan TP4D yang bertugas dalam pengawasan kegiatan.

“Kita telah berkoordinasi dengan TP4D, saya himbau agar bekerja sebaik-baiknya agar tidak timbul potensi hukum. Jika sampai terjadi potensi hukum, maka bagaimanapun juga Pejabat Pembuat Komitmen pasti akan terbawa-bawa pula,” tegasnya.

“Saya juga sudah intruksikan kepada kontraktornya agar secepatnya dibuatkan papan informasi secara detail di lokasi. Hal tersebut bertujuan untuk transparansi pada masyarakat,” tambahnya. (and)