Dengan Semangat Idul Adha 1440 H dan HUT RI ke 74, Tingkatkan Berkorban, Peduli dan Cinta Tanah Air

Sumenep – Dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idul Adha Tahun 1440/2019 M, Pemerintah Kabupaten Sumenep menggelarkan Perlombaan Takbir Keliling Idul Adha 1440 H / 2019. Sabtu 10/08.

Bertepatan dengan pelaksanaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, lomba takbir yang mengambil start di depan rumdis tersebut sengaja mengambil tema ‘Dengan Semangat Idul Adha 1440 H dan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 Kita Tingkatkan Semangat Berkorban, Kepedulian dan Cinta Tanah Air’.

Terpantau ribuan masyarakat Sumenep memadati ruas jalan yang menjadi trek lomba, dan ratusan undangan dari berbagai pihak tampak penuh semangat ikut serta mengumandangkan takbir.

Segenap anggota Forkopimda Sumenep, diantaranya Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si, Ketua TP PKK Kab. Sumenep, Ibu Nurfitriana Busyro Karim, Sekretaris Daerah Kab. Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, M.Si, Ketua Dharma Wanita Kab. Sumenep, Ibu Ima Edy Rasiyadi, Dandim 0827 Sumenep, Letkol Inf Ato Sudiatna beserta istri, Kapolres Sumenep, AKBP Muslimin, S.Ik. beserta istri. Para asiaten dan kabag Sekretariat Pemkab Sumenep, Pimpinan OPD Kab. Sumenep, Para Camat Kab Sumenep dan banyak lainnya juga terlihat larut dalam acara.

Dalam sambutan dan pelepasan takbir keliling oleh Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si mengatakan, lomba takbir keliling ini merupakan salah satu metode untuk mendekatkan agama dan masyarakat sekaligus untuk mengenalkan dan memajukan kearifan lokal kita yang selama ini sudah ada ditengah tengah masyarakat.

“Lomba takbir keliling ini, merupakan salah satu cara kita untuk mendekatkan diri pada Allah SWT, serta mempromosikan dan memajukan kearifan lokal,” ujarnya.

Bukan hanya itu, Busyro Karim juga berharap, kegiatan ini mampu menggelorakan masayarakat untuk mengkumandangkan takbir di desanya.

“Berharap melalui acara ini bukan hanya sebagai takbir keliling tetapi kita harus mengkumandangkan dan menggelorakan takbir di setiap sudut desa dan rumah masyarakat,” tambahnya.

Diinformasikan, lomba takbir keliling tersebut diikuti 55 peserta dari OPD, instansi vertical, BUMN, BUMD, lembaga dan organisasi keagamaan dengan rute yang dilalui Start depan rumdis Bupati Jl. PB. Sudirman – Jl. HOS. Cokroaminoto – Jl. KH. Mansyur – Jl. Raung – Jl. Urip Sumoharjo – Jl. Dr. Cipto – Jl. Trunojoyo – Jl. Wahid Hasyim – Jl. Zainal Arifin – Jl. Diponegoro – Finish Depan Masjid Agung Sumenep. Dan memperebutkan hadiah dengan total Rp. 15 juta dengan kategori Harmonisasi, Kreativitas dan Qira’at. (and/pendim)