Dengan Semangat Haornas Ke 71, Tingkatkan Prestasi, Harkat dan Martabat Melalui Bidang Olahraga

Sumenep – Mungkin sebagian besar masyarakat telah lupa, bahwa hari ini tepatnya tanggal 09 September 2019 merupakan Hari Olahraga Nasional ke 71, sebuah hari dimana menjadi cikal bakal semangat bangsa mengangkat harkat dan martabat melalui bidang olahraga.

Untuk di ingat kembali, 09 September 1948, merupakan tanggal pembukaan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) I. Kegiatan PON pertama di Indonesia yang diselenggarakan di Kota Praja Surakarta pada 9 -12 September 1948. Sebagai bentuk eksistensi Negara Republik Indonesia yang ditolak mengikuti Olimpiade 14 di Inggris kala itu.”

“Oleh karena itu sampai saat ini tanggal 09 September ditetapkan sebagai Hari Olahraga Nasional,” ungkap Moh. Ikhsan, Kepala Bidang (Kabid) Pemuda dan Olahraga, Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Jawa Timur.

Dengan semangat Haornas ke 71, pihaknya akan lebih gencar dalam memasyarakatkan olahraga, meningkatkan prestasi di bidang olahraga. Selain itu, dengan rutin berolahraga ada banyak manfaat yang akan didapat dari masyarakat sendiri.

“Dengan rutin berolahraga akan membuat tubuh selalu bugar, kebal terhadap serangan penyakit. Yang pastinya akan membuat lebih giat dalam bekerja,” terangnya.

Sekalipun tidak ada kegiatan khusus untuk memperingati hari tersebut, pihaknya bersama masyarakat terus melakukan olahraga ringan sebelum melakukan aktivitas sehari-hari.

“Setiap hari kita menyempatkan untuk berolahraga ringan, minimal dengan cara senam pagi,” tambah Ikhsan. (And, Die)