Demi Peningkatan Kualitas dan Mutu Dunia Pendidikan, Disdik Sumenep Gelar Bimtek Pada MGMP dan Pengawas

Sumenep, Jatim| suaranasionalnews.co.id Dengan harapan untuk meningkatkan kualitas dan mutu para pendidik dan pengawas di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten setempat menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) Penguatan Standar Proses dan Penilaian.

Bimtek tersebut dilaksanakan selama tiga hari terhitung mulai tanggal 26 sampai 28 Februari 2020, bertempat di Hotel Utami dan diikuti oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) seluruh Mata Pelajaran dan Pengawas dalam naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep.

Diungkapkan oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdik Sumenep, Edy Suprayitno S.Sos., M.PA. melalui Kasi Guru dan Penilaian SMP, Sri Agustina menyebutkan bahwa, kegiatan Bimtek tersebut merupakan tindak lanjut dari regulasi pemerintah tentang ujian Sekolah dan ujian Nasional.

Sekalipun ujian sekolah merupakan kewenangan penuh dari sekolah. Tidak menjadikan pihak Disdik untuk bersikap diam, Disdik terus mengupayakan, memastikan bahwa pihak sekolah benar-benar siap dalam melaksanakan ujian pada para anak didiknya.

“Kami ingin memastikan bahwa sekolah itu memiliki kesiapan. Dalam arti kesiapan kualitas yang akan dipersiapkan guru dalam proses penguatan. Dan proses itu sudah berjalan,” ungkap Sri Agustina di sela kegiatan penghujung Bimtek, Jumat 28/02/2020.

Dijelaskan lagi, pihak Disdik ingin memfasilitasi para pendidik agar memperoleh tambahan  ilmu pengetahuan sehingga nantinya bisa dilakukan pengembangan pada anak didiknya.

“Agar anak didik kita lebih meningkat lagi yang diiringi oleh metode pembelajaran dan model kreatifitas guru sebagai pelaksana di lapangan dengan inovasi dan komunikasi terhadap pembelajaran karena komunikasi perlu dibangun dengan peserta didik dan wali murid,” terangnya.

Diharapkan olehnya, dengan diadakannya Bimtek, diharapkan dapat memberikan penguatan kepada guru-guru untuk lebih mampu mempersiapkan diri dalam kemandirian sekolah saat menyelenggarakan ujian sekolah nanti, serta mampu beri suasana baru, kreatif, inovatif dalam melaksanakan proses belajar mengajar di sekolah. (And)